Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peningkatan mutu dan kualitas pembangunan bidang sarana prasarana sektor pertanian makin gencar dikerjakan pemerintah. Dalam hal ini, Pemerintah Desa (Pemdes) berkoordinasi langsung dengan Dinas Pertanian serta dinas-dinas terkait lainnya merealisasikan program Jalan Usaha Tani (JUT).

Salah satu program JUT terlihat di Desa Maibit, Kecamatan Tuban. Petani setempat mengaku senang dengan adanya sarana JUT sebagai penunjang untuk mempermudah para petani saat panen raya tiba.

Ditemui oleh tim blokTuban.com di sekitar lahan pertaniannya, Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Sugio banyak bersyukur dengan disediakannya JUP yang cukup layak di Kecamatan Rengel.

"Akses yang mudah, tentu akan sangat membantu petani saat panen tiba. Kita tak perlu susah payah mengangkut hasil panen, dan membawa jauh ke seberang jalan raya," ujar Sugio (45), salah seorang petani asal Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Senin (2/4/2018).

Ditambahkannya, adanya JUP yang dilaksanakan oleh pemerintah dinilai sangat membantu para petani. Mengingat ketika dulu sebelum adanya JUP, petani harus mengangkut hasil panennya dengan jarak yang cukup jauh.

"Dulu sebelum ada jalan ini, kita ngangkut sampai ke jalan raya sana. Hampir satu kilometer," pungkasnya.

Kendati demikian, masih banyak juga PR pemerintah Kabupaten Tuban untuk merealisasikan JUP yang berada di daerah ataupun kecamatan lainnya. [feb/col]