Banjir Mulai Surut, Warga Mulai Bersihkan Lumpur

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com- Banjir akibat meluapnya Sungai Bengawan Solo yang terjadi beberapa hari ini mulai surut. Sejumlah jalan desa di wilayah Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban yang sebelumnya terisolasi kini sudah bisa diakses kembali.

Begitu juga dengan beberapa pemukiman warga yang tampak sudah terbebas dari genangan air. Namun, material lumpur  yang terbawa air banjir mengendap di rumah-rumah warga maupun di sarana dan prasarana umum lainnya.

Menyikapi hal itu, anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Rengel Polres Tuban, bersama dengan TNI Koramil Rengel dan warga masyarakat menggelar kerja bakti membersihkan endapan material lumpur akibat banjir. Senin 926/2/2018)

Di Desa Karangtinoto misalnya, petugas membersihkan gedung PAUD dengan menggunakan pompa air dari mesin diesel dan peralatan kebersihan, mereka tampak begitu kompak. 

Hal serupa juga terlihat di Desa Kanorejo, dengan metode yang sama, Tiga Pilar Desa (Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa) dibantu dengan warga membersihkan Kantor Balai Desa.

Kapolsek Rengel AKP Yani Susilo, S.H mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu semata-mata hanya untuk membantu masyarakat, sehingga fasilitas yang ada di desa dapat segera di operasikan kembali.

"Kegiatan ini kami laksanakan untuk membantu masyarakat, supaya fasilitas-fasilitas umum yang ada dapat segera difungsikan sebagaimana hari-hari biasa," tuturnya kepada blokTuban.com.

Mantan Kapolsek Jenu itu juga menambahkan, hal itu juga merupakan bukti bahwa Polri bersama TNI selalu bersinergi dalam kondisi apapun.

"Ini juga bukti sinergitas TNI Polri yang senantiasa hadir untuk memberikan pelayanan kepada warga masyarakat," pungkasnya. [feb/ono].

 

rps20180226_160100