11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Unirow Sabet Tiga Tropi BPSMI

bloktuban.com | Sunday, 18 February 2018 11:00

Unirow Sabet Tiga Tropi BPSMI

Penulis: Fitriyah Ayu Puspitasari

blokTuban.com - Dari delapan delegasi mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, yang mengikuti Workshop fFtografi dan Penulisan Sastra se-Jawa Timur oleh Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) di Institut Teknologi Sepuluh Novenmber (ITS), Sabtu (17/02) kemarin, tiga di antaranya mampu membawa pulang tropi dari dua nominasi.

Juara pertama dan kedua penulisan cerpen, diraih Siti Nurcholifah dan Dewantari Dharma. Sedangkan  juara kedua berhasil direbut Hidayatul khoiriyah dalam penulisan lakon.

"Eksplorasi cerita, kesegaran ungkapan, dan juga kualitas karya yang apik menjadi pertimbangan juri hingga dipastikan terbaik, baik cerpen maupun lakon," ujar Pembina Komunitas Sanggar Sastra (Kostra) Unirow, Suantoko M.Pd, Minggu (18/2/2018).

Budayawan asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding itu menjelaskan, pada kesempatan ini Unirow mengikutsertakan delapan mahasiswa yang lulus seleksi. Dari empat nominasi, hanya tiga yang diikuti meliputi penulisan cerpen,  puisi dan lakon.

"Untuk fotografi belum ada mahasiswa yang kompeten di bidangnya," terang Suantoko.

Apa yang diraih mahasiswa Unirow, tidak lepas dari rutinitas pembinaan ketat dalam kostra mulai dari diskusi karya, produksi, sampai pembedahan karya dalam forum. Diharapkan ke depan mahasiswa lain supaya terpacu, dan sadar untuk tidak menjadi mahasiswa yang hanya duduk di bangku kuliah tetapi juga memiliki nilai tambah seperti menulis.

Terpisah, juara dua dalam penulisan lakon, Hidayatul Khoiriyah menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengirim mahasiswa terbaiknya dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas)  tahun 2018.

Sedangkan, Siti Nurcholifah sebagai juara pertama penulisan cerpen mengaku, tidak ada persiapan khusus, hanya saat pengiriman naskah saja. Dara murah senyum ini juga berhati-hati dalam menulis naskah, dan menerapkan teknik-teknik yang diajarkan selama berada di Kostra.

"Teknik itu  menjadi acuan saya dalam menulis," pungkas Nurcholifah sembari berucap syukur. [col]

*Penulis merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Prodi FISIP. Sekaligus aktif proses menulis di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Unirow Tuban.

Tag : unirow, bpsmi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat