Harga Gabah di Atas HPP, Gerbang Tani Berharap Stabil

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Harga gabah tetap tinggi adalah harapan para petani. Untuk itu pemerintah maupun pihak-pihak terkait diharapkan dapat menjaga harga gabah yang saat ini bisa dibilang cukup tinggi.

Data yang berhasil didapat dari Gerbang Tani Kabupaten Tuban menyebutkan, saat ini sebagian petani di wilayah Kecamatan Singgahan tengah panen. Mereka cukup menikmati harga gabah yang berada di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

"Saat ini petani masih bisa tersenyum, lantaran harga gabah masih tinggi," kata salah satu petani asal Desa Lajulor, Singgahan.

Sementara itu, Sekretaris Gerbang Tani Kabupaten Tuban, M. Zainudin menerangakan harga gabah kering panen (GKP) saat ini kisaran Rp500.000 hingga Rp600.000 per kuintal. Sementara HPP untuk GKP ditetapkan Rp3.700 per kilogram (kg).

"Harapan kami harga gabah tetap stabil agar petani merasakan harga yang layak, karena biasanya pas panen raya harga jatuh," harap Zainudin.

Sekadar diketahui, sesuai dengan Inpres No 5 tahun 2015 yang merupakan inpres terakhir soal HPP gabah dan beras, HPP untuk GKP ditetapkan sebesar Rp 3.700 per kg. Sedangkan untuk gabah kering giling (GKG) ditetapkan sebesar Rp 4.600. Ketentuan HPP sebesar itu berlaku untuk harga di tingkat penggilingan, bukan di tingkat petani.[rof/col]