Hari Ini KPU Tuban Mulai Coklit Pilkada

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban akan melakukan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 secara serentak di 20 kecamatan. Kegiatan pemutakhiran data daftar pemilih ini digelar perdana dan serentak dengan sistem door to door pada hari ini, Sabtu (20/1/2018).

"Coklit akan dimulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018 mendatang," terang ketua KPU Kab Tuban, Kasmuri, Sabtu pagi.

Pria berkaca mata itu menambahkan, hari ini KPU akan melakukan coklit kepada 10.030 rumah di Tuban. Dengan harapan, setelah adanya kegiatan coklit serentak ini, dapat dihasilkan data pemilih yang berkualitas.

"Setelah coklit selesai, maka tahapannya adalah penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dan kita umumkan untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) selanjutnya.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari KPU Tuban, gerakan coklit serentak ini akan dilakukan oleh 2.003 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang didampingi oleh 100 orang dari Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK), dan 984 dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 20 kecamatan dan di 328 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tuban.

KPU Tuban juga akan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama, organisasi, budayawan, dan semua elemen masyarakat. Dengan begitu, pihaknya berharap mereka bisa menjadi mitra yang menggulirkan informasi-informasi tentang coklit ini ke orang-orang di sekitarnya.

Selain mencoklit, petugas nantinya juga mendapatkan tugas sosialisasi dan pendidikan pemilih yang berbasis keluarga. Metode sosialisasi itu dilakukan PPDP dari pintu ke pintu untuk menyebar luaskan informasi terkait pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 kepada masing-masing keluarga pada saat mencoklit. [rof/rom]

 coklit1

coklit2

coklit3

coklit4