11:00 . Resep Membuat Keripik Kaca Daun Jeruk   |   10:00 . Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 7 Februari 2023 Pecahan Terendah di Harga Rp558.500   |   08:00 . Teks Doa Peringati 1 Abad Nu oleh Gus Mus   |   07:00 . Kumpulan Ucapan Harlah NU ke 100 Tahun yang Simpel dan Bermakna   |   06:00 . Lirik dan Chord Lagu Kehilanganmu Berat Bagiku - Kangen Band   |   06:00 . TPPI Perkuat Sinergi Media Tuban untuk Keberlangsungan Operasi Kilang   |   22:00 . Sektor Pertanian Dominasi Lapangan Pekerjaan di Kabupaten Tuban   |   21:00 . Kondisi Sekitar Lokasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo Pasca Hujan   |   20:00 . Pemuda di Tuban Nekat Curi Sparepart Alat Berat Pembakaran Gamping Senilai Rp200 Juta   |   19:30 . Cukup Sekali Klik, Ini Link Live Streaming Puncak Resepsi 1 Abad NU   |   19:00 . Banjir Masih Dominasi Bencana di Tuban   |   18:30 . 12 Ribu Banser di Sidoarjo Matangkan Koreografi di Bawah Rintikan Hujan   |   18:00 . Ikuti Cabai, Harga Minyak Curah, Telur hingga Bawang Putih di Tuban Naik   |   17:00 . Anggap Kebebasan Pers Selesai, Presiden akan Keluarkan Perpres Media Sustainability   |  
Tue, 07 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ma’had Aly Al-Hasaniyyah Resmikan Lajnah Falakiyah

bloktuban.com | Sunday, 07 January 2018 22:00

Ma’had Aly Al-Hasaniyyah Resmikan Lajnah Falakiyah

Pengirim: Robbah Munjiddin Ahmada

blokTuban.com - Memasuki minggu pertama tahun 2018, Ma’had Aly Al Hasaniyyah Senori, Kabupaten Tuban meresmikan Lajnah Falakiyah, Sabtu (6/1/2018), bertempat di Aula Komplek Al Khadijah Pondok Pesantren Putra-Putri dan Majlis Ta’lim (PPM) Daruttauhid Al Hasaniyyah. Hadir segenap jajaran pengasuh dan seluruh Mahasantri.

Secara resmi pengasuh PPM Daruttauhid Al Hasaniyyah, Kiai Ach. Husam sembari mengucap basmalah mengatakan, Lajnah Falakiyah Ma’had Aly Al Hasaniyyah resmi berdiri.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan Lajnah Falakiyah Ma’had Aly (LFMA) Al Hasaniyyah,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Kiai yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tuban ini menegaskan, bahwa diresmikannya LFMA Al Hasaniyyah adalah perkembangan positif dalam pendidikan Islam, lebih-lebih di bidang Ilmu Falak.

Ia menyebut, jika hasil kajian Ilmu Falak senantiasa menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh umat Islam. “Ibadah puasa, termasuk zakat, mutlak memerlukan kajian Ilmu Falak. Belum lagi gerhana, atau fenomena alam lainnya. Di sisi lain, peresmian lajnah ini juga menjadi kabar gembira, mengingat di Kecamatan Senori sedang dibangun Menara Pengamatan Hilal oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban,” sebut Kiai alumnus Pesantren Al Falah, Kediri ini.

Hal senada juga disampaikan Mudir Ma’had Aly Al Hasaniyyah, Kiai Abdullah Hasyim. Dalam penuturannya, ia juga mengamini betapa pentingnya Ilmu Falak dalam peribadatan umat Islam. Sebagai pimpinan Ma’had Aly ia sekaligus berharap, bahwa setelah diresmikan lajnah ini bisa bermanfaat bagi umat. “Lajnah Falakiyah harus melahirkan mahasantri yang mampu menjawab persoalan umat di bidang falak secara syar’i dan tentu ilmiah,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, saat dikonfirmasi, Koordinator LFMA Al Hasaniyyah, Ahmad Syafi’i, merasa gembira di tengah pembangunan Menara Pengamatan Hilal di Kecamatan Senori.

“Beberapa hari yang lalu, kami telah berkunjung ke Menara Pengamatan Hilal. Tentu kami turut merasa gembira dengan dibangunnya menara ini. Kedepan, kami berharap LFMA Al Hasaniyyah dapat memberikan sumbangsih positif dalam perkembangan Ilmu Falak,” ungkapnya.

Setelah seremonial peresmian usai, LFMA Al Hasaniyyah secara bersambung mengadakan Pelatihan Falak selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (6-7/1/2017) bertempat di Laboratorium Komputer PPM Daruttauhid Al Hasaniyyah. [rom]

Tag : ilmu falak, ma'had aly al hasaniyyah, lajnah falakiyah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat