18:00 . Sidang Kedua Terdakwa Sabu Hotel Mustika, Saksi Polisi Diperiksa   |   17:00 . Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022   |   16:00 . Sidang Perdana Guru Spiritual Tuban Didakwa Setubuhi dan Cabuli Tiga Anak   |   15:00 . Penduduk Miskin Bertambah, KNPI Tuban Tawarkan Solusi ke Dinsos   |   14:00 . Juknis BOP RA Tahun 2022 Disosialisasikan, Ini Kriteria Siswa Penerima Bantuan   |   13:00 . Mahasiswa PMII Menuntut Pemkab Tuntaskan Kemiskinan di Tuban   |   12:00 . Perahu Nelayan Tradisional di Tuban Kota Tenggelam   |   11:00 . Tahun 2022, Jutaan Kelompok Rentan Terima Bansos, Mensos Pastikan Optimalisasi Peran Pendamping Sosial   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |   09:00 . Belalang Goreng, Kuliner Unik dengan Kandungan Protein Tinggi   |   08:00 . Mendag: Mulai Hari Ini Harga Minyak Goreng Rp14.000   |   07:00 . Masuk Musim Penghujan, Orangtua Yuk Kenali Gejala Demam Berdarah pada Anak!   |   20:00 . Sapa Warga Binaan di Lapas, Wabup Tuban Harap Setelah Bebas Warga Binaan Bisa Mandiri   |   20:00 . BUMDes Ngadirejo, Hadir untuk Tingkatkan Perekonomian Desa   |   19:00 . Polisi Pasang Imbauan Larangan Parkir dan Bermain di Jembatan TBT   |  
Wed, 19 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Beban Tas Terlalu Berat Pangkal Sakit

bloktuban.com | Friday, 22 December 2017 07:00

Reporter: -

blokTuban.com - Seperti kebanyakan orang yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah, biasanya kita akan membawa tas berat setiap hari. Padahal, kebiasaan ini memicu banyak masalah kesehatan.

Menurut penelitian, rata-rata orang membawa tas dengan beban sekitar 2,7 kilogram, bahkan lebih. Tas sehari-hari itu seperti "lemari berjalan" karena kita bisa menemukan tas make up, baju ganti, charger, buku, hingga botol air minum, di dalamnya.

Menurut Dr.Sabrina Strickland, dokter bedah orthopedi di New York, kebiasaan membawa tas berat di satu sisi pundak dapat membuat tulang punggung melengkung.

"Saat membawa tas berat di pundak, tentu kita akan menaikkan pundak sedikit atau menyeimbangkan dengan sisi pundak satunya agar tasnya tidak jatuh. Makin lama kita membawa tas itu, makin melengkung tulang belakang," kata Strickland.

Bentuk tulang belakang yang tidak sesuai postur itu akan menyebabkan nyeri di punggung, leher, pundak, otot, persendian dan memperburuk masalah pada sendi yang sudah lebih dulu ada.

Pada anak-anak, hal ini bahkan bisa menyebabkan skoliosis atau pertumbuhan tulang belakang melengkung. Penelitian tahun 2013 juga menyimpulkan bahwa kebiasaan membawa tas berat di satu sisi akan memengaruhi cara berjalan.

Ketahui bagaimana cara sehat membawa tas:

- Bawa dua tas
Bawa tas itu masing-masing di tiap pundak untuk mencegah ketidakseimbangan tekanan. Menurut Strickland, isi tas yang dibagi rata ke dua tempat lebih disarankan.

- Kurangi beban
Idealnya beban tas kita tak boleh melebihi 10 persen dari bobot tubuh. Ini berarti jika berat badan Anda 60 kilogram maka jangan membawa tas dengan beban lebih dari 6 kg. "Kalau bebannya sudah mencapai 3 kilogram, lebih baik dibagi dua," katanya.

- Ganti tas
Tas ransel adalah pilihan terbaik karena lebih ergonomi. Tas selempang juga lebih baik dari pada tas pundak, tetapi tetap bisa menyebabkan otot leher tegang. Jika Anda lebih suka membawa tas pundak, ubah sisi pundak setiap beberapa waktu.

- Perkuat bagian batang tubuh
Jika kita memiliki bagian batang tubuh yang kuat, maka meski membawa tas cukup berat masalah pada otot dan persendian relatif lebih ringan. Lakukan latihan-latihan yang fokus pada bagian batang tubuh, misalnya sit up, plank, atau gerakan punggung, saat berolahraga

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/12/21/171600820/
beban-tas-terlalu-berat-pangkal-sakit

Tag : Tas,



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more