12:00 . Ukuran Bank Dunia, Ketimpangan Penduduk Tuban Rendah   |   11:00 . Ekonomi Tuban 2021 Naik 3,00 persen, Ini Penyebabnya   |   10:00 . Data Imunisasi Anak akan Tersimpan di Aplikasi PeduliLindungi   |   09:00 . Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD   |   19:00 . Halal Bihalal di Tuban, Sekum PP Muhammadiyah : Penyakit PMK Jangan Dianggap Remeh   |   17:00 . Gerindra Tuban Tancap Gas, Siap Antarkan Prabowo Subianto ke RI-1   |   16:00 . Libur Akhir Pekan, Yuk Intip Keseruan Anak-anak Bermain Air di Pantai Pasir Putih   |   14:00 . Pantai Semilir Tuban Punya Wahana Baru Banana Boat, Segini Tarifnya   |   13:00 . Ratusan Karya Seni Rupa Siswa Tuban Dipamerkan di Wisata Pantai Kelapa   |   12:00 . Jokowi Tegaskan Perang Tak Untungkan Siapapun, Mendag Fokus Pemulihan Ekonomi ASEAN   |   11:00 . Siap-siap! Vendor SIG Tuban yang Abaikan K3 Terima Skorsing   |   10:00 . Sepenggal Kisah Sumur Gemuling dan Lingga Yoni di Masjid Al-Falah Tuban   |   09:00 . Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring   |   08:00 . Mendag Lutfi: Penguatan ASEAN Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kawasan   |   16:00 . Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Maksimalkan Peran Santri, Assalam Gelar Class Meeting

bloktuban.com | Thursday, 14 December 2017 17:00

Maksimalkan Peran Santri, Assalam Gelar Class Meeting

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kegiatan positif usai berakhirnya imtihan (Ujian) semester gasal berupa Class Meeting sangat dinanti santri. Sebab, berbagai agenda dan kegiatan lomba menarik antar santri di setiap kelas akan tersaji dalam kegiatan tersebut.

Class meeting selain untuk mengisi waktu setelah kegiatan belajar mengajar selesai, juga sebagai ajang mempertemukan santri dari berbagai jenjang untuk berkompetisi dalam berbagai perlombaan.

Kulliyatul Muallimin Walmuallimat Al Islamiyah (KMI) Assalam Bangilan Putri melalui Organisasi Santri Pondok Pesantren Assalam (OSPA)-nya pun menyelenggarakan class meeting bertajuk 'Ramayana 2017 (Performa Maha Seni Karya Akbar Santriwati Assalam )'.

"Dengan adanya class meeting yang di awali hari ini, Kamis (14/12/2017) bertujuan untuk memupuk dan memajukan kreasi serta talenta santri Assalam," terang ketua panitia class meeting, Dian Masruroh.

Santriwati kelas 5 KMI Assalam itu menambahkan, kegiatan tersebut akan digelar dalam beberapa bentuk perlombaan. Di antaranya, lomba bidang pengetahuan agama, olahraga, dan seni keislaman.

Kegiatan tersebut dinilai bisa dikatakan kegiatan paling menyenangkan selama satu semester menempuh studi. Semangat santriwati berlomba berkobar begitu tersirat dari tampilannya.

"Selain itu, dalam class meeting juga mendidik santri menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran," tandasnya.

Sementara itu, Direktur KMI Assalam Bangilan, KH. Yunan Jauhar menuturkan, kegiatan santri di pondok pesantren selama 24 jam akan menentukan nilai raport pondok secara umum.

Kurikulum pondok pesantren beber beliau, mulai bangun tidur termasuk mata pelajaran, berangkat tidur termasuk kurikulum, membangunkan anak termasuk kurikulum, keliling malam termasuk kurikulum, berpramuka termasuk kurikulum, berorganisasi termasuk kurikulum pondok pesatren assalam.

"Pelajaran umum seperti matematika, fisika, fiqih, hadits juga termasuk kurikulum. Oleh karena itu totalitas Pondok ini yang menentukan raport pondok pesantren Assalam secara umum dan secara detail," ulas Abah Yunan, begitu ia disapa.

Pihaknya berharap, santri Pondok Pesantren Assalam harus bisa menjadi benteng dari upaya penghancuran Islam (De-Islamisasi), mengisolasi Islam, pemojokan dan peminggiran tuntunan-tuntunannya. Santri harus mampu berpijak pada inti amanatnya yaitu Islamisasi kehidupan menuju ridho Allah SWT.

“Pesantren benteng moral, santri lah yang melawan penjajah dan penjajahan. Demikianlah sejarah mencatat," pungkasnya. [rof/ito]

Tag : classmeeting, kmi, bangilan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more