19:00 . Menyedihkan! Berprestasi hingga Nasional, 2 Siswa SD di Tuban Tak dapat Apresiasi dari Pemkab   |   14:00 . Dikunjungi Penilai Adipura Kencana, Jalanan Tuban Kota Belum Seteril dari Bendera Partai   |   11:00 . Ide Jualan Kue Lumpur Labu Kuning Ekonomis Tanpa Telur   |   10:00 . Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 61 September 2023 Dibuka! Dapatkan Insentif Sebesar Rp 4,2 Juta   |   09:30 . Pak Labi, Lokal Hero Bangkep yang Selamatkan Alam Dengan Ternak Lebah Madu   |   09:00 . Empat Superhero dari Kampung Energi   |   08:00 . Amalkan Ayat 1000 Dinar, Hidup Aman dan Sejahtera   |   07:00 . Peringati Hari Tani dan Panen Raya, Warga Tuban Arak Tumpeng dan Gunungan Raksasa   |   19:00 . Kemarau Jadi Tantangan Bagi Pembudidaya Jamur Tiram di Palang Tuban   |   18:00 . Bingung Mau Nyoblos tapi Masih di Luar Kota? Begini Cara Ajukan Pindah Memilih   |   17:00 . Taman Sleko, Rekomendasi Tempat Nongkrong yang Nyaman di Tuban   |   16:00 . Tiga Kecamatan di Tuban Semakin Gerah, Suhunya Capai 35⁰ Celcius   |   15:00 . Kawasan Hutan Sekitar Area Kilang GRR Tuban Terus Diawasi   |   14:15 . Teknologi Karbon Mulai Diterapkan di Lapangan Sukowati   |   13:00 . Puluhan PPS dan PPK Tuban Mundur dengan Alasan Sama   |  
Tue, 26 September 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tepung Terigu Bisa Sebabkan Keracunan Makanan, Ini Alasannya

bloktuban.com | Wednesday, 12 July 2017 07:00

Tepung Terigu Bisa Sebabkan Keracunan Makanan, Ini Alasannya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Masalah kesehatan perut umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam perut. Bakteri pun bisa muncul darimana saja, terutama makanan yang merupakan objek paling mudah untuk dihinggapi bakteri.

Kamu mungkin berpikir jika makanan basah lebih rentan terkena bakteri. Tetapi rupanya, bahan makanan kering seperti tepung juga bisa terjangkit bakteri seperti E.coli, lho.

Hasil temuan ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh US Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Dalam penelitian tersebut menunjukkan jika mengonsumsi makanan yang masih mentah atau belum matang sempurna bisa terkontaminasi bakteri E.coli, tak terkecuali tepung terigu.

Penyakit diare, muntah-muntah, demam dan bahkan muncul darah di feses tak bisa terelakkan jika bakteri E.coli sudah masuk ke dalam perut.

Dilansir Metro, para peneliti dari Public Health Agency of Canada melaporkan hasil temuan mereka yang menunjukkan jika sebanyak 30 orang jatuh sakit akibat bakteri tersebut pada November 2016 sampai April 2017.

Kejadian ini merupakan kejadian yang sangat mengerikan. Hal tersebut mengingat gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tepung terigu baru pertama kali terjadi di Amerika.

Bukan kali pertama para peneliti melarang untuk mengonsumsi tepung mentah atau yang belum matang sempurna. Namun, baru-baru ini FDA (Food and Drug Administration) telah mengingatkan masyarakat untuk tidak memakan adonan cookies.

Lalu, kenapa tepung sangat berbahaya jika dimakan saat masih mentah?

Tepung berasal dari sebutir gandum dan biasanya proses pengolahan gandum menjadi tepung masih menyisakan bakteri yang terkandung karena proses ini tidak mampu membunuh bakteri secara langsung.

Dan kemungkinan seekor binatang yang membuang kotorannya di sekitar area gandum membuat tumbuhan gandum bisa tercemar dengan mudah.

Tak hanya E.coli, penelitian juga menunjukkan jika bakteri Salmonella juga bisa hinggap pada tepung terigu dan menyebabkan keracunan makanan.

Jadi, untuk menghindari gangguan kesehatan terjadi, baik FDA atau CDC mengimbau masyarakat agar selalu mencuci tangan mereka sebelum memegang makanan dan juga tidak mengonsumsi adonan kue yang belum dipanggang atau bahkan mencicipi adonan kue yang belum matang.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 14 August 2023 11:00

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB

    blokTuban.com Kembali Dipercaya UTM Tempat Praktik MSIB PT Blok Tuban Promosindo yang menaungi website blokTuban.com kembali mendapat kepercayaan dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sebagai tempat praktik Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) tahun 2023, Senin (14/8/2023)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat