Orang Cerdas Tak Akan Mati Muda

Reporter: -

blokTuban.com - Orang yang memiliki tingkat kecerdasan (IQ) tinggi bukan hanya akan lebih sukses hidupnya, tapi juga cenderung akan hidup lebih lama.

Sebuah studi besar mengungkapkan, orang dengan IQ tinggi kemungkinannya untuk mati muda lebih rendah 20 persen dibanding orang yang tingkat kecerdasannya biasa-biasa saja.

Tim ahli dari Universitas Edinburgh meneliti 66.000 orang selama tujuh dekade hingga usia 79 tahun. Mereka menemukan, orang-orang yang skornya paling baik dalam tes kecerdasan di usia 11 tahun kemungkinan kecil meninggal karena penyakit jantung atau stroke, dan juga penyakit pernafasan.

Orang-orang cerdas itu juga kemungkinannya lebih kecil mengalami kematian karena penyakit pencernaan dan demensia.

Para ilmuwan mengatakan kemungkinannya adalah karena orang-orang cerdas hidup lebih sehat dan cenderung tidak merokok. Mereka juga melakukan olahraga rutin dan lekas mencari pertolongan medis saat sakit.

Namun, peneliti mengatakan bahwa daya beli yang meningkat juga berperan, karena pendapatan diperhitungkan. Teori lain menyebutkan adanya pengaruh faktor genetik.

Peneliti Prof. Ian Deary, dari University of Edinburgh, mengatakan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, pendidikan, sadar kesehatan, dan genetika juga berperan.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/30/190000720/
orang.cerdas.tak.akan.mati.muda