Tim Sergap TNI Kunjungi Lumbung Padi Soko

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tim Serap Gabah Petani (Sergap) Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) mengagendakan kunjungan kerja di Soko, tepatnya di Balai desa Sumurcinde, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Sabtu (10/6/2017).

Soko yang menjadi salah satu lumbung padi sebagain wilayahnya berada di bantaran sungai Bengawan Solo. Bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) setempat, pertemuan didampingi Muspika dan Kodim 0811 Tuban.

Tim Sergab Kolonel Kav Ahmad Riad mengatakan, dalam hal ini TNI turut terjun ke lapangan dalam upaya ketahanan pangan. Jika sebelumnya secara Nasional kerap swasembada pangan tapi belakangan ini justru mengimpor beras.

"Itu alasan TNI membantu Menteri Pertanian untuk mengembalikan swasembada pangan kembali," katanya.

Sementara itu Camat Soko, Suwito menjelaskan Soko merupakan lumbung padi tingkat Provinsi. Wilayah Soko juga dialiri Sungai Bengawan Solo yang membawa berkah tersendiri, meski di sisi lain saat musim peghujan rawan banjir.

"Yang kerap menjadi permasalahan petani adalah pupuk karena pemerintah memberikan subsidi tidak 100 persen," kata mantan Camat Grabagan tersebut

Adanya pendampingan dari TNI, lanjutnya pendistribusian pupuk diharapkan selalu didampingi. Sehingga untuk dimainkan oknum tidak bertanggung sangat kecil. [dwi/col]