Sokong Usaha Kecil Dengan Dana Jalin Matra

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Manfaatkan dana bantuan program Jalin Matra, Desa Sendang, Senori, Kabupaten Tuban sukses kembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Salah satu unit yang dikelola adalah bantuan modal pengusaha keluarga rentan miskin.

Di tangan dingin Siti Munawaroh dan rekan-rekannya, BUMDes Lancar Jaya, Desa Sendang Senori itu sudah mampu menghidupkan usaha 43 rumah tangga rentan miskin. Awal mula dana sebesar Rp90 juta yang diterima, kini sudah bisa berkembang menjadi Rp100 juta.

"Uang itu kami manfaatkan untuk pengembangan usaha masyarakat miskin, supaya bisa bangun dari garis kemiskinan," ujar Ibu dua anak itu, saat ditemui blokTuban.com di kediamannya, Senin (5/6/2017) siang.

Selain itu, dengan adanya program jalin matra ini usaha kecil di desanya bisa maju. Diantaranya, produksi kerupuk, marning, dan tlur asin. Ke depan, pihaknya juga memiliki gambaran pemanfaatan dana bantuan jalin matra tersebut akan dikembangkan untuk membuat pusat perbelanjaan dari hasil produk masyarakat setempat.

"Jadi, masyarakat bisa mengembangkan usahanya, dan BUMDes membantu memasarkan," tukas wanita tangguh berkerudung itu.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Sendang, Minan Nurahman menyatakan siap mendukung untuk membantu mengentas kemiskinan rumah tangga feminim di desanya. Sebab dengan dana bantuan jalin matra, orang miskin yang kekurangan modal bisa terbantu.

"Pemerintah Desa tentu mendukung dan mengapresiasi yang arahnya untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga transisi kemiskinan atau RTM feminim," tutur H. Minan begitu ia disapa.

Menurut dia, ke depan desa juga akan membangunkan gedung untuk BUMDes Lancar Jaya. Tujuannya agar desa punya lembaga keuangan yang menangani kebutuhan warganya.

"Harapannya ke depan BUMDes juga menjadi sentra perekonomian. Sehingga bisa menampung produk unggulan dan pendapatan masyarakat semakin meningkat," pungkas Kades ramah itu. [rof/rom]