IB Ternak Diberikan Secara Gratis?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah melakukan Upaya Khusus Percepatan Peningkatan Populasi Ternak Sapi dan Kerbau Bunting (UPSUS SIWAB) tahun 2017, dengan pemberian inseminasi buatan (IB) secara gratis.

Per 1 April IB gratis bagi seluruh peternak dan petani yang memiliki ternak, bahwa sperma beku atau straw gratis. Untuk petugas IB tidak diperkenankan untuk menarik biaya maupun jasa.

"Bagi peternak maupun petani, saat ini semua jenis IB gratis dan bisa didapatkan dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) atau biasanya melalui mantri kawin suntik," ujar Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Amenan melalui Kepala UPTD Pernikahan dan Peternakan Kecamatan Jatirogo, Bakhrodin saat ditemui blokTuban.com di kantornya, Rabu (31/5/2017).

Dijelaskan Bakhrodin, untuk Kabupaten Tuban ditargetkan sapi wajib bunting sebanyak 100.000 ekor. Kendati begitu, pemerintah memiliki standar 84.000 ekor wajib bunting.

Bagaimana caranya program tersebut bisa dinikmati? Pihaknya mengaku, pemilik ternak bisa langsung datang ke kantor UPTD di masing-masing Kecamatan. Jika sudah memiliki kontak atau nomor telepon petugas, mereka bisa langsung menghubungi dan petugas akan langsung datang.

"Kita harapkan masyarakat bisa maksimal memanfaatkan program ini. Untuk itu, sejak kebijakan ini turun kita sudah sampaikan ke masing-masing kepala desa untuk menyampaikan ke warganya," tandas Kepala UPTD Pernikahan dan Peternakan yang membawahi wilayah Jatirogo, Kenduruan, dan Bangilan itu.

Selain itu, kata dia, agar pencapaian reproduksi sapi bisa maksimal, pemerintah juga menyiapkan vitamin penanggulangan gangguan reproduksi (Ganrep) ternak. Vitamin maupun obat yang diberikan juga sama halnya IB, yaitu gratis. [rof/ito]