UINSA Sosialisasikan SPAN dan UM-PTKIN

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya , mulai melakukan sosialisasi mengenai Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di Kabupaten Tuban. Sosialisasi dilakukan di kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Tuban.

Diketahui, UINSA merupakan lembaga yang dipercaya sebagai ketua umum penyelenggara UM-PTKIN di seluruh Indonesia. Program ini telah diluncurkan Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mulai 1 Februari 2017 lalu, sebagai jalur seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Keagamaan. Selain itu program ini juga dibuat untuk meningkatkan pelayanan dan promosi PTKIN.

"UIN Sunan Ampel dipercaya sebagai ketua umum penyelenggara ujian masuk PTKIN di seluruh Indonesia," terang Kepala Bagian Akademik, UINSA, Rijalul Faqih, Jumat (31/3/2017).

Sosialisasi yang dilakukan bersama Kemenag Tuban dan Ikatan Alumni (IKA) UINSA Korwil Pantura itu melibatkan seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta di Tuban, Kepsek SMA Sederajat, serta melibatkan guru Bimbingan Konseling (BK) dari masing-masing sekolah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kemenag Tuban, Badrus Soleh, berharap kegiatan yang diluncurkan pemerintah bisa membawa manfaat buat generasi penerus. Dia berharap, bisa terus dicetak generasi penerus yang berilmu dan berakhlaqul karimah.

"Kami juga berharap peserta yang hadir di sosialisasi bisa meneruskan langkah-langkah strategis Kemenag untuk kebaikan bersama," kata Badrus Soleh. [pur/ito]