Bercita-cita Jadi Hafid dan Qori Internasional

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Penguasaan tiga aspek jadi modal dasar M.Farid Fahruddin menjadi pemenang cabang Tilawah dalam Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVII Kabupaten Tuban 2016 beberapa waktu lalu. Aspek Tajwid, aspek fashohah dan adab, serta aspek irama dan suara, memiliki peran penting untuk menentukan nilai akhir lomba MTQ yang diikutinya.

Lantunan suaranya yang indah ketika membacakan ayat suci Al-Qur'an membuat merinding. Mendengarkan tilawah yang dibacakan oleh sosok berperawakan tubuh kecil, membuat hati jadi bergetar

Putra ke-empat pasangan Faizin (50) dan Sa'adah (45) menjuarai MTQ setelah menyisihkan kafilah-kafilah dari beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban. Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Sunnatunnur, Senori itu tak sia-sia usahanya ketika mempersiapkan diri dalam pelaksanaan MTQ yang telah usai 17-19 September 2016 lalu di alun-alun Tuban.

Prestasi gemilang yang diraih saat ini tidak diperolehnya begitu saja. Anak yang tinggal di Desa Jatisari, Kecamatan Senori setiap sore mengasah kemampuannya bersama Ustadz/Ustadzah atau guru tilawahnya.

Selain memenangkan MTQ XXVII cabang tilawah tingkat kabupaten Tuban 2016, Farid panggilan akrabnya, juga pernah masuk 10 besar lomba murottal Khat imla' di provinsi Banten tahun 2015, dan segudang prestasi dalam cabang-cabang MTQ lainnya.

"Saya memiliki cita-cita menjadi Qori Internasional dan hafal Al-Qur'an 30 juz," kata anak usia 10 tahun itu.

Di usia yang masih belia, tentu menjadi modal baik untuk meniti karirnya di masa depan. Segudang prestasi sudah mampu ia raih untuk membahagiakan orang-orang yang menyayanginya.

Sa'adah sebagai orang tua menjadi bangga ketika memiliki seorang anak yang pandai bertilawah. Ia juga memiliki harapan besar jika nanti Farid besar tetap menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua.

"Tentunya sebagai orang tua saya bangga mempunyai putra pandai bertilawah, ingin sekali Farid menjadi anak sholeh dan berbakti," aku Sa'dah.[rof/ito]

Data diri:

Nama : M.Farid Fahruddin
Tanggal Lahir: 03 April 2006
Kelas : V MI Islamiyah Sunnatunnur, Senori
Ayah : Ahmad Faizin
Ibu : Saa'dah

Prestasi :

1. Juara I MTQ tingkat kecamatan Senori 2015
2. Juara I Musabaqoh Tilawatil Qur'an HUT Masjid Agung Tuban 2015
3. Juara I Tilawah tingkat kabupaten Tuban 2015
4. 10 besar murotal Khat imla' di Banten 2015
5. Juara Umum MTQ XXVII Kabupaten Tuban 2016