Disperta: Pastikan Hewan Kurban Jatirogo Sehat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kepala UPT Dinas Pertanian (Disperta) Kecamatan Jatirogo menjamin ternak yang dijual-belikan di daerah setempat untuk memenuhi kebutuhan kurban pada hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah, merupakan hewan yang sehat dan memenuhi syarat.

Pasalnya, pihak UPT Disperta sudah berkoordinasi dengan dokter hewan yang berdinas di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Jatirogo, Kabupaten Tuban untuk rutin memeriksa hewan di pusat penjualan hewan ternak Jatirogo.

"Kami jamin keberadaan hewan keperluan kurban cukup aman, sehingga masyarakat tak perlu khawatir," terang Kepala UPTD Pertanian, Linggo Indarto kepada blokTuban.com, Jum'at (9/9/2016).

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli hewan kurban agar selektif dalam memilih, jangan sampai salah pilih hewan yang terkena penyakit. Dikatakannya, sebelum hewan kurban itu disembelih, para dokter hewan melakukan pemeriksaan antemortem untuk mengetahui sehat tidaknya hewan-hewan kurban yang akan dijual.

"Biasanya setiap pasaran hewan, dokter hewan melakukan pemeriksaan," imbuh Linggo sapaan karibnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah memerintahkan kepada perwakilan juru sembelih untuk mengikuti pengarahan dari Dinas Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu. Sehingga nanti diharapkan para panitia kurban untuk tetap memperhatikan tata cara penyembelihan hewan kurban agar tetap sah untuk layak dikonsumsi.

Untuk menjaga kehalalan daging tersebut harus layak dikonsumsi, maka memotongnnya harus mengikuti tata cara muslim. "Biar nanti para utusan menularkan ke panitia kurban di wilayah Jatirogo," pungkasnya. [rof/rom]