Nasib Tukang Ojek di Parengan, Tak Setiap Hari Dapat Hasil

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tidak semua desa di Kecamatan Parengan dilintasi oleh jalan raya poros provinsi Bojonegoro-Jatirogo, Sebab itulah di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban khususnya di Desa Brangkal terdapat pangkalan ojek.

Tempat yang setiap harinya dibuat mangkal oleh beberapa tukang ojek ini, sekarang seperti sudah tidak ada aktifitas pengojek menarik penumpang. Pasalnya banyak para pengojek yang hanya sekedar bersantai dan berkumpul di tempat tersebut.

Aktifitas itu terjadi, dikarenakan saat ini sedikit sekali orang yang menggunakan jasa ojek, sehingga dapat dikatakan para pengojek yang
terdiri dari warga desa setempat tersebut tidak lagi menarik penumpang seperti dulu.

Salah satu Tukang Ojek mengaku Jono (45) saat ini para penumpang sudah tidak lagi menggunakan jasa ojek, setelah banyaknya handpond
ditengah-tengah masyarakat, sekarang masyarakat yang pulang dari bepergianya, dijemput oleh sanak familinya masing-masing.

"Hampir semuanya dijemput, tidak ada lagi yang menggunakan jasa ojek," ungkap Joni kepada blokTuban.com, Minggu (19/6/2016).

Tukang ojek lain Sumarno (48) mengatakan dalam seharinya panghasilan sebagai pengojek, tidak menentu, terkadang hanya memperoleh penumpang pedagang dari pasar dan hanya memberi ongkos Rp5000, bahkan sehari tidak pernah mengangkut penumpang itu juga sering.

"Dalam sehari tidak mengangkut penumpang itu juga sering mas," kata Sumarno.

Berbeda dengan yang dulu, penumpang sangat ramai tukang ojekpun memenuhi kebutuhannya hanya dengan mengojek, namun saat ini untuk
memenuhi kebutuhan sehari-harinya, para tukang ojek tersebut harus melakukan pekerjaan serabutan.[hud]