07:00 . Ini Cara Cetak Kartu BPJS dari Hanphonr   |   17:00 . Desa Simo dan Menilo Akan Dipasangi Pipa Air Minum   |   16:00 . Petugas Kesehatan dan TNI Lakukan Tracing di Sandingrowo   |   15:00 . Salami Anggota saat Pamit, AKBP Ruruh Berkaca-kaca   |   14:00 . Pendapa Dibanjiri Karangan Bunga   |   13:00 . Tak Menyerah, Omzet Dagangan Gading Meningkat setelah Pakai Motor Roda Tiga   |   08:00 . Ternyata Banyak Insinyur yang Belum Teregistrasi sesuai UU   |   07:00 . Insecure Bisa Muncul Karena Kejadian Masa Lalu, Ini Cara Mengatasinya   |   20:00 . Lembur Demi Mas Bupati   |   19:00 . Ada Karangan Bunga Raksasa   |   18:00 . Jelang Pelantikan Bupati Tuban, Karangan Bunga Bertebaran   |   17:00 . Resahkan Warga, ODGJ Prambontergayang Dievakuasi Petugas   |   16:00 . Hari Terakhir Menjabat, Fathul Huda Resmikan Kantor MWC NU Semanding   |   14:00 . Satya Widya Yudha : Ini Upaya DEN Membantu Pembangunan Rendah Karbon Industri Hulu Migas   |   11:00 . Resahkan Warga, ODGJ Prambontergayang Dievakuasi   |  
Sun, 20 June 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Remaja Pun Bisa Terkena Diabetes Tipe 2

bloktuban.com | Friday, 29 April 2016 07:00

Reporter: --

blokTuban.com - Dulu, mereka yang terkena diabetes tipe 2 rata-rata berusia di atas 40 tahun. Kini, mulai banyak ditemukan pada usia muda, bahkan remaja.

Ahli diabetes Prof. Dr. Sidartawan Soegondo, SpPd-KEMD menceritakan, pernah mendapati pasien diabetes tipe 2 berusia 12 tahun. Sidarta mengungkapkan, ada beberapa faktor risiko diabetes tipe 2 muncul pada usia muda. Pertama, memang ada faktor keturunan dari orangtua maupun keluarga yang diabetes.

"Anak 12 tahun gulanya tinggi karena diabetes tipe 2, bukan tipe 1. Ibunya juga diabetes," kata Sidarta dalam diskusi di Jakarta, Kamis (28/4/2016).

diabetes tipe 2 adalah diabetes yang disebabkan gaya hidup tidak sehat dan faktor keturunan. Sedangkan diabetes tipe 1, merupakan kelainan bawaan sehingga terjadi sejak kecil. Sekitar 90 persen kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2.

diabetes tipe 2 yang muncul pada usia muda maupun remaja tentu diikuti gaya hidup yang tidak sehat. Sidarta mengatakan, faktor risiko itu sudah ada sejak ibu mengandung anaknya.

"Ibu hamil yang tidak sehat makannya, saat lahir anak itu pankreasnya bisa tidak terbentuk dengan bagus," terang Sidarta.

Pankreas merupakan penghasil insulin dan insulin bekerja membantu gula dalam darah masuk ke sel-sel di seluruh tubuh. Jika fungsi pankreas terganggu, produksi insulin pun bisa menurun.

Apalagi, jika sejak kecil sudah sering diberikan makan-makanan manis yang akan meningkatkan kerja pankreas untuk menghasilkan insulin lebih banyak. Hal ini, lama-kelamaan akan menyebabkan resistensi insulin dan terjadilah diabetes.

"Misalnya, kalau bayi lahirnya kecil, lalu digenjot terus dibikin gemuk, anak jadi obesitas dan bisa meningkatkan risiko diabetes," kata Sidarta.

Ditambah lagi, anak yang obesitas kurang melakukan aktivitas fisik. Risiko diabetes pun meningkat dan bisa terjadi pada usia muda.

Nutrition dan Environmental Sustainability Manager Tropicana Slin, Fendy Sutanto MSc menambahkan, sering kali usia muda tidak sadar memiliki faktor risiko diabetes, sehingga makan banyak tanpa batas dan malas olahraga.

Fendy menceritakan, pernah ada seseorang berusia 23 tahun yang tak sadar telah terkena diabetes. "Waktu mau periksa terlihat lemas gitu. Pas periksa ternyata gula darahnya tinggi, 300 mg/dL," kata Fendy.

Untuk itu, menjaga pola hidup sehat bisa dimulai dari keluarga dengan pola makan gizi seimbang dan rutin melakukan aktivitas fisik. Menurunkan berat badan secara perlahan juga menurunkan risiko terkena diabetes. [lis]

Sumber: kompas.com

Tag : diabetes, gula, darah

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more