Menjalankan Tugas, Haruslah dengan Sebaik-baiknya
Reporter: Moch. Sudarsono
 
blokTuban.com - Ramah dan bersahaja, itulah kesan pertama yang ditunjukkan Kapolsek Jenu, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Frihamdeni saat menerima blokTuban.com berkunjung ke kantornya di Polsek Jenu. Tak menunggu lama Kapolsek muda tersebut langsung mempersilahkan blokTuban.com masuk ke ruangannya dengan penuh suasana keakraban sembari bercanda mengiringi langkah.
 
Begitu tiba di ruangannya, suasana santai mulai terasa sehingga obrolan-obrolan ringan pun dimulai. Frihamdeni, ya begitulah singkat namanya dengan gaya yang kalem menjelaskan seputar perjalanan karirnya hingga pada saat ini menjadi Kapolsek Jenu.
 
"Saya lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang pada 16 Desember 2010, sedang masuk Akpolnya pada tahun 2008," kata pria berdarah Minang tersebut kepada blokTuban.com
 
Selanjutnya, usai lulus Akpol Frihamdeni ditugaskan di Polda Jatim untuk mendapatkan pembekalan selama satu bulan. Usai mendapatkan pembekalan, maka dia mulai ditugaskan di Polres Tuban. "Saya akhirnya ditugaskan di Polres Tuban, tepatnya pada bulan Februari 2011," kata pria kelahiran 20 juni tersebut.
 
Saat bertugas di Polres Tuban, tentu merupakan suatu pengalaman pertamanya di kepolisian karena adalah awal dirinya mejalankan tugas di Bintang Tiga tersebut. Apalagi tugas pertamanya adalah di Sat Shabara. "Saya di Sat Shabara langsung jadi Kanit Patroli, tentunya hal tersebut harus saya jalankan dengan baik karena merupakan suatu tugas negara," paparnya.
 
Tak berlangsung lama saat menjadi Kanit Patroli di Shabara, dia langsung dipindahkan di Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tuban pada tahun 2011. Tugas untuk membantu  Kasat lantas harus diembannya dengan baik karena mempunya peran pembinaan partisipasi masyarakat dan pendidikan masyarakat dalam berlalu lintas. "Di kanit dikyasa sampai pada tahun 2012, setelah itu dipindah lagi," ujar Kapolsek berusia 32 tahun tersebut.
 
Pada tahun 2012, Frihamdeni ditugaskan sebagai Kanit Laka Satlantas Polres Tuban, tugas tersebut lah yang paling lama selama dia menjadi Kanit, karena berlangsung selama dua tahun, lebih lama dibanding jabatan sebelumnya.
 
"Lama sendiri di kanit laka, banyak juga pengalamannya apalagi jika terkait kecelakaan," imbuhnya sambil tersenyum.
 
Menjadi kanit laka adalah jabatan terakhirnya sebagai Kanit di Polres Tuban, karena pada tahun 2014 dia dipercaya untuk mengamankan wilayah di tingkat kecamatan, yaitu sebagai Kapolsek Jenu. "Ya saya bersukur telah diberi amanah sebagai Kapolsek Jenu, sebab cita-cita saya juga dari kecil jadi Polisi," terang pria yang mempunyai hobi sepakbola tersebut.
 
Memang orang tua Kapolsek muda tersebut adalah seorang polisi bernama Jufri, sehingga  maka tak heran seperti kata pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Sebab, kini jejak sang ayah telah diteruskannya dengan telah menjadi seorang perwira polisi.
 
"Ya bersukur bisa meneruskan perjuangan dari ayah," pungkasnya. [nok/ito]
 
Profil Singkat:
Nama     : AKP Frihamdeni
TTL        : Jakarta, 20 juni 1983
Agama   : Islam
Istri        : Herawati Nasution
Anak      : Haidar Almairi tsaqib Rinaksa
               Hanamira Nhrun nisa Sakala
               Hail Khapahdi Mandala
Orang tua: Jufri dan Dahniar