Pameran AKSI Main Belakang Usai, Kuantitas Pengunjung Capai Target

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Paggelaran pameran seni rupa yang digawangi Lembaga pendidikan seni rupa, Ajang Kesenian (AKSI) resmi berakhir, Selasa malam (23/2/2016). Pameran yang berlangsung dari 3 Februari 2016 lalu mencatat target pengunjung terlamapui.

Menurut keterangan Koordinator AKSI, Eko Rudi Sugiarto, target pengunjung dalam pameran bertajuk AKSI Main Belakang yaitu 1000 pengunjung. Hingga pameran usai, didapati jumlah total pengunjung kurang lebih 1.200.

"Jumlah tersebut belum tercatat semuanya. Namun saya akui kuantitas pengujung melampai target melihat pameran ini baru pertama dan berlokasi tidak dipinggir jalan raya," kata Eko Rudi Sugiarto kepada blokTuban.com.

Diketahui, event ini diselenggarakan dengan kerjasama dari berbagai pihak. Yakni blokTuban.com, Golden Dim Sum, dan juga Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya.

Penutupan pameran yang ditempatkan di galeri Golden Dim Sum, Jalan DR. Soetomo, Kabupaten Tuban ini berlangsung cukup hangat. Beberapa bidang seni, seperti musik dan satra turut menemani AKSI Main Belakang tiba di penghujung pameran. Kemudian di penghabisan malam diadakan diskusi mengenai wadah seni.

Penting diketahui, dalam AKSI terdapat empat bidang fokus yang digkembangkan. Keempat bidang tersebut adalah bidang pendidikan, mediasi, penciptaan dan apresiasi. Pameran seni rupa kali ini termasuk dalam bidang apresiasi.

Kendati jumlah pengunjung melampaui target. Eko Rudi Sugiarto mengaku pengunjung dari tingkat pelajar masih minim. Ia merasa belum puas, target dalam hal apresiasi yang semestinya melibatkan seluruh pelajar di tingkat jenjang pendidikan formal.

"Pada kenyataannya, pengunjung didominasi oleh pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Pelajar SMA yang datang juga belum mewaliki sekolah di Tuban. Pelajar yang datang beberapa kelas dari SMK TJP, SMAN 1 dan SMAN 2 Tuban. Di tingkat SMP bahkan belum ada sama sekali," kata Pria asal Lamongan ini. [dwi/ito]