Memprihatinkan, Kandang Iguana Tidak Terawat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Keadaan yang begitu kontras terlihat pada kandang di sebelah barat pojok tempat wisata goa ngerong, kandang berukuran  1x2 meter ini dihuni oleh seekor iguana, terdapat tulisan di depan kandang 'rawatlah aku', namun kondisi kandang jauh dari layak.

Penuturan dari salah seorang penjual yang tidak mau disebut namanya, mengatakan perawatan untuk kandang kurang diperhatikan.

"Petugas yang membersihkan kandang tidak ada. Memang setiap hari dikasih makan, itupun kangkung. Sisa yang dimakan sampai membusuk pun tidak pernah di bersihkan," kata penjual ini.

Pantauan blokTuban.com di lokasi, kondisi kandang begitu memprihatinkan. Kandang yang terbuat dari besi ini tidak lagi menempel rapat. Pada bagian bawah dan pintu terdapat celah yang bisa saja iguana itu lari keluar.

Saat dikonfirmasi, petugas wisata goa ngerong, Yuli mengatakan, bahwa di wisata ini untuk petugas kebersihan ada sendiri.

"Kalau di sini ada petugas kebersihan, setiap hari ya membersihkan sampah yang ada," kata Yuli.

Petugas kebersihan ada namun masih terdapat beberapa hal yang terlewatkan, salah satunya, kebersihan dan keadaan kandang iguana tersebut.

Lokasi kandang persis menyamping dan nyaris tidak terlihat oleh pengunjung. Tidak ada bedanya keberadaan kandang berisi seekor iguana dan sebatang pohon mati. [dwi/rom]