Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Batas Waktu Bayar Hutang Puasa Ramadan, Bagaimana Konsekuensinya?

Dalam Islam, puasa Ramadan merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim dewasa yang mampu secara fisik dan mental, kecuali dalam kondisi-kondisi tertentu yang membolehkan untuk tidak berpuasa seperti sakit atau dalam perjalanan panjang.

Hukum Salat Menggendong Anak, Sahkah?

Salat merupakan kewajiban utama bagi setiap muslim dalam menjalankan ibadah kepada Allah. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, seringkali orangtua dihadapkan pada situasi di mana mereka harus menggendong anak mereka saat waktu salat tiba.

Hukum Jual Beli Barang Ilegal

Jual beli merupakan bagian dari kegiatan yang rutin dilakukan masyarakat setiap hari. Dari sebagian barang yang dijual, terkadang ada barang ilegal atau black market (BM) yang tentu melanggar aturan pemerintah.

Batalkah Saat Salat Membaca Alquran lewat HP?

HP atau smartphone menjadi bagian dalam kehidupan manusia modern. Berbagai penunjang kebutuhan bisa diakses dengan mudah, termasuk dalam hal ibadah, shalat misalnya.

Hukum Menjamak Salat bagi Pengantin

Saat melaksanakan pesta atau resepsi pernikahan, mempelai wanita biasanya menggunakan pakaian dan riasan wajah atau makeup.

Hukum Wudhu Pakai Air yang Terkena Limbah

Dalam literatur kitab fikih, dijumpai beberapa keterangan yang menjelaskan mengenai hukum wudhu dengan air yang terkena limbah. Menurut Qadhi Abu Suja’ ada tujuh macam air yang termasuk dalam kategori air yang dapat digunakan untuk berwudhu, yakni air hujan, air laut, air sungai, air sumur, air mata air, dan air salju, dan air dari hasil hujan es.