Jelang Pilkada 2024, Dosen Prodi Ilmu Politik UNIROW Tuban Gelar Sosialisasi

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Program Studi Ilmu Politik FISIP Universitas PGRI Ronggolawe Tuban lakukan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK N 1 Tambakboyo Tuban melalui kegiatan sosialisasi yang berjudul “Peningkatan Literasi Politik Pemilih Pemula di Kabupaten Tuban Menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2024”.

Kegiatan yang digelar pada Rabu (09/10/2024) ini ditujukan untuk membekali literasi dan mendorong kesadaran bagi para pemilih pemula untuk menjadi pemilih yang rasional pada Pemilu 2024 mendatang. Sosialisasi dihadiri oleh 60-an siswa kelas tiga di SMK N 1 Tambakboyo Tuban. 

Pemilu 2024 akan didominasi oleh generasi Z sehingga partisipasi mereka memegang peranan penting bahkan menjadi penentu pesta demokrasi ditingkat lokal yang berlangsung tanggal 27 November 2024. Oleh sebab itu, para generasi muda harus diberikan pemahaman yang baik mengenai pemilu sehingga mereka dapat menjadi pemilih yang cerdas, kritis, dan tidak mudah termakan hoaks. Pemilih pemula juga diajarkan mengenai tata cara memilih di TPS agar mereka tidak kebingungan saat memilih serta hak suara yang diberikan dapat terhitung secara sah. 

Sri Musrifah, selaku Ketua program Studi Ilmu Politik FISIP UNIROW menyebutkan bahwa pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi dan menjadi tanggung jawab sosial bagi para akademisi (dosen dan mahasiswa) karena pemilu juga bagian dari kajian Ilmu Politik.

“Kegiatan yang dilaksanakan menjadi upaya untuk menggerakkan kesadaran masyarakat untuk tidak golput dalam Pilkada 2024,” tuturnya.

Rifa, sapaan akrab Kaprodi Ilmu Politik UNIROW Tuban, berharap melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi keberlangsungan Pilkada bulan November mendatang dan dapat disebarluaskan kepada masyarakat.[Rul/Rof]