LKP Pemuda Bergerak Berikan Pelatihan Tata Rias Gratis Kepada Ratusan Pelajar di Tuban

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Pemuda Bergerak berikan pelatihan tata rias secara gratis bagi ratusan siswa di SMA Negeri 1 Rengel, guna membekali mereka dengan keterampilan tersebut, Jumat (27/09/2024).

Dalam pelatihan ini tampak siswa sangat antusias mengikuti pelatihan, hal ini dapat terlihat dari peserta yang mengikuti pelatihan. Tata rias yang biasanya identik dengan aktivitas perempuan, ternyata juga diminati oleh para pelajar laki-laki. 

Menurut Pimpinan LKP Pemuda Bergerak Bambang Budiono, jika kegiatan pelatihan gratis di sekolah-sekolah ini, nantinya tak hanya dilaksanakan di SMA 1 Rengel  saja, akan tetapi ke depan bakal diproyeksikan kegiatan serupa, akan dilakukan di berbagai sekolah menengah atas di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini tentunya tak hanya di lakukan di Rengel saja, proyeksi kita kegiatan pelatihan gratis ini, akan dilakukan juga di berbagai sekolahan yang ada di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban,” ujar Bambang.

Lebih lanjut Bambang mengatakan dalam pelatihan ini LKP Pemuda Bergerak membawa 6 mentor untuk memberikan ilmunya kepada para pelajar di SMA 1 Rengel. Untuk itu dengan adanya pelatihan gratis ini ia berharap agar para siswa-siswi bisa mengamalkan ilmunya serta langkah kecil ini sebagai upaya LKP Pemuda Bergerak dalam memberdayakan para pemuda di Kabupaten Tuban.

“Walaupun hanya satu kali pertemuan, namun kita harapkan dengan ilmu yang disampaikan para pemuda khususnya pelajar bisa memahami dan mempraktekkan ilmunya,” imbuhnya.

Untuk materi pembelajaran pada pelatihan ini para siswi di ajari bagaimana praktik tata rias dasar sedangkan bagi para pelajar laki-laki mereka diajari wawasan terkait peralatan tata rias dan bagaimana membuat make up karakter pertunjukan.

Sementara itu Cipto Handoyono Waka Kesiswaan SMA 1 Rengel mengatakan jika Kerjasama dengan lembaga pengembangan keahlian sangat diperlukan, hal ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan skil dan keahlian siswa yang dapat digunakan untuk bekal dalam menjalani kehidupannya masa depan.

“Kegiatan ini sangat diperlukan sebab bisa digunakan untuk bekal setelah lulus,” ujarnya

Pria yang akrab disapa Cipto ini juga menuturkan, jika keahlian dalam bidang tata rias untuk saat ini memiliki potensi cukup besar dan bisa digunakan bekal bekerja, 

“Saat ini tata rias sangat diperlukan dalam banyak even selain even pernikahan,” pungkasnya.[Rul/Rof]