Mahasiswa IAINU Tuban Siap Berkontribusi Aktif di Pilkada Kabupaten Tuban

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban melakukan kegiatan Goes to Campus pada Sabtu (05/10/2024). Kegiatan ini berlangsung di Lantai 2 Gedung KH Hasyim Asyari yang diikuti sejumlah mahasiswa, jajaran dosen IAINU dan perwakilan dari Bawaslu Tuban.

Supriyanto, Wakil Rektor IAINU Tuban, mengajak para mahasiswa untuk berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban yang akan datang. Dalam acara diskusi kampus yang berlangsung di IAINU Tuban, Supriyanto menekankan bahwa mahasiswa tidak hanya sekadar sebagai pemberi suara, tetapi juga berperan penting dalam mengawasi proses demokrasi.

"Hari ini kita bersama-sama untuk belajar sekaligus berpartisipasi aktif karena hak sekaligus kewajiban kita sebagai warga masyarakat Kabupaten Tuban terutama kita menyandang peran sebagai seorang akademisi sehingga kita tidak cukup hanya berpartisipasi sebagai pemberi suara saja tetapi kita diharapkan untuk berpartisipasi lebih pada pelaksanaan Pilkada pada periode kali ini," ujarnya.

Ia juga menyinggung pelaksanaan program Bawaslu Goes to Campus yang merupakan bentuk kerjasama dengan Bawaslu untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada mahasiswa tentang pentingnya pengawasan dalam Pilkada.

"Terkait dengan pelaksanaan Bawaslu Goes to Campus ini memang sudah menjadi rencana kita cukup lama tetapi karena padatnya kegiatan di awal perkuliahan sehingga pada momen kali ini baru bisa terlaksana," tambahnya.

Lebih lanjut, Supriyanto menekankan pentingnya peran civitas akademika, termasuk dosen, dalam memberikan informasi yang tepat terkait pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat.

“Sebagai mahasiswa dan dosen, kita memiliki tanggung jawab moral lebih besar dibandingkan masyarakat umum. Ketika masyarakat bertanya tentang Pilkada, kita harus bisa memberikan jawaban yang memadai,” tegasnya.

Supriyanto juga dengan tegas menyampaikan kepada seluruh jajaran kampus IAINU Tuban bahwa civitas akademika diwajibkan untuk berperan aktif sepenuhnya dalam Pilkada 2024.

"Sekali lagi civitas akademika IAINU Tuban wajib berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Tuban," tandasnya.[Rul/Rof]