Flayer Viral, Kritikan Warga Batalkan Rencana Satu Arah di Jalan Sunan Kalijogo Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Meskipun sudah ada flayer yang dibuat, rencana uji coba penerapan sistem satu arah untuk kendaraan roda empat di Jalan Sunan Kalijogo, Kabupaten Tuban akhirnya dibatalkan.

Rencana uji coba satu arah di jalan tersebut yang sudah sempat viral tidak jadi dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, meskipun flayernya sudah tersebar luas di masyarakat.

Menurut flayer yang sempat diunggah akun Instagram DLHP Tuban, uji coba sistem satu arah di Jalan Sunan Kalijogo rencananya akan dilaksanakan pada 1 Juni 2024.

Namun, postingan terkait uji coba itu akhirnya dihapus dari akun IG DLHP. Meskipun sudah dihapus, flayer terkait rencana uji coba tersebut telah banyak diposting oleh warga net, yang menuai berbagai kritik dan pro kontra dari masyarakat.

Karena banyaknya pro dan kontra, DLHP Kabupaten Tuban memutuskan untuk menunda rencana penerapan satu arah ini. 

“Kami menunda uji coba sistem satu arah di Jalan Sunan Kalijogo karena mendapat banyak masukan dari masyarakat,” ujar Bambang Irawan, Kepala DLHP Kabupaten Tuban.

Menurutnya, penundaan ini bukan berarti membatalkan rencana penerapan satu arah di jalan tersebut. DLHP Kabupaten akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan para stakeholder terkait.

“Kepastian penerapan sistem satu arah ini menunggu rapat koordinasi lebih lanjut bersama stakeholder dan sosialisasi yang lebih matang,” tandasnya.

Sementara itu, rencana penerapan sistem satu arah di Jalan Sunan Kalijogo didasari oleh seringnya terjadi kemacetan lalu lintas di kawasan GOR Tuban karena banyaknya PKL yang berjualan di kanan kiri jalan tersebut.

[Dwi/Ali]