Resep Sayur Gulai Nangka Muda Sambal Merah Lauk Lezat Makan Ketupat

Oleh: Dwi Rahayu 

 

blokTuban.com - Sayur gulai nangka muda salah satu menu yang cocok untuk disajikan bersama ketupat. Gulai nangka memiliki cita rasa yang kaya dan gurih, serta tekstur yang lembut dan empuk. 

 

Ketika disajikan bersama ketupat, gulai nangka akan memberikan sentuhan rasa yang lezat dan memuaskan. Biasanya, gulai nangka juga mengandung santan yang memberikan cita rasa creamy dan sedikit manis. 

 

Ketika disajikan dengan ketupat yang memiliki tekstur yang padat dan sedikit manis, kombinasi gulai nangka dan ketupat menjadi hidangan yang sangat lezat dan menggugah selera.

 

Selain itu, gulai nangka juga kaya akan nutrisi karena nangka sendiri mengandung banyak serat dan nutrisi penting lainnya. Jadi, selain lezat, gulai nangka juga merupakan pilihan yang sehat untuk disajikan bersama ketupat selama perayaan Lebaran Ketupat atau acara khusus lainnya.

 

Bahan-bahan

10 biji ketupat atau lontong daun sesuai selera 

1 liter santan cair, 350 santan kental

100 g kacang merah yang sudah direbus

 

Bahan Sambal Merah:

10 buah cabe merah besar 

4 buah cabe rawit merah

10 siung bawang merah

3 siung bawang putih

3 biji kemiri

garam dan gula secukupnya sesuai selera

1 lbr daun salam

1 lbr daun jeruk

 

Bahan Bumbu Halus:

10 buah cabe merah

10 siung bawang merah

4 siung bawang putih

4 biji kemiri

1 ruas jempol jahe

1/2 sdm garam

1 sdt jamur

1 sdt kunyit bubuk

1 sdt ketumbar bubuk

 

Bahan Cemplung:

2 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk

1 batang lengkuas memarkan

1 biji bunga lawang

1 ruas jempol lengkuas geprek

 

Cara Membuat

1. Siapkan semua bahan-bahan, masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam chopper kecuali, garam, penyedap rasa dan ketumbar, lalu haluskan.

2. Panaskan wajan dan tuang setengah dari santan kental masak sampai mendidih dan mengeluarkan minyak lalu tambahkan bumbu halus dan bahan rempah-rempah. Tumis hingga harum dan kering.

3. Setelah bumbunya harum tambahkan 1 liter santan cair, garam, kunyit, penyedap rasa jamur dan ketumbar bubuk. Aduk sampai tercampur rata.

4. Masukkan kacang merah yang sudah direbus dan sayur nangka rebus masak sampai menididih dengan api sedang selama 10-15 menit sampai bumbu meresap.

5. Rebus telur sampai matang, setelah telur matang buang kulitnya. Panaskan minyak goreng secukupnya lalu goreng telur sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.

6. Masukkan bahan sambal merah kedalam choppen lalu haluskan. Panaskan 6 sdm minyak goreng lalu masukkan bahan sambal,daun salam dan daun jeruk.

7. Tambahkan garam, penyedap rasa jamur.Setelah sambal cabenya matang masukkan telur goreng Aduk hingga tercampur rata. Angkat dan pindahkan kedalam piring saji.

8. Untuk penyajiannya potong-potong ketupat lontong secukupnya tata ke dalam piring saji, tambahkan gulai sayur nangka dan telur goreng sambal merah, kerupuk dan taburkan bawang goreng secukupnya.