Peringatan Cuaca Ekstrem: Waspada Hujan Lebat di Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pada tanggal 12 April 2024, wilayah Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan diimbau untuk waspada terhadap cuaca ekstrem. BMKG Stasiun Meteorologi Juanda mencatat adanya potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Pada pagi hari, Tuban berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Bojonegoro dan Lamongan juga dihimbau untuk waspada terhadap fenomena cuaca yang serupa pada siang-sore hari.

Sementara itu, prakiraan cuaca untuk Tuban pada Jumat, 12 April 2024, menunjukkan bahwa pagi hari cerah berawan hingga berawan, siang hari berawan dengan potensi hujan ringan, dan malam hari kembali cerah berawan hingga berawan. Sedangkan untuk Bojonegoro dan Lamongan, siang hari diprediksi berawan dengan potensi hujan ringan.

Suhu udara di wilayah tersebut berkisar antara 24° - 32° C dengan kelembapan udara mencapai 65 - 95 %. Angin bertiup dari Tenggara dengan kecepatan mencapai 30 km/jam. Gelombang di perairan Tuban - Lamongan diperkirakan mencapai 0,10 – 0,50 Meter.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk dan memantau informasi peringatan dini dari BMKG. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui situs web resmi BMKG Juanda dan Maritim Perak Surabaya di https://stamet-tuban.bmkg.go.id/. 

[Dwi/Ali]