Tips Menu Diet Sehat Bagi Golongan Darah Selama Puasa Ramadan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjalankan puasa selama bulan Ramadan sambil memperhatikan menu diet seimbang bisa dilakukan dengan cara yang meyenangkan. 

Asupan diet seimbang yang berbeda berdasarkan golongan darah, yang terpenting adalah memilih makanan yang sehat, seimbang, dan memberikan energi yang cukup untuk menjalani ibadah puasa dengan baik.

Berikut ini salah satu trik diet golongan darah yang dikembangkan oleh Peter J. D’adamo. Diet satu ini menganjurkan pemilihan makanan sesuai golongan darah. 

Menurut dokter naturopati yang terkenal dengan konsep diet berdasarkan golongan darah ini, menganggap golongan darah  berperan penting dalam proses metabolisme tubuh.

Ia lebih lanjut menyebut makanan yang tepat untuk setiap golongan darah dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit. Meski konsep ini membutuhkan penelitian medis dan ilmiah lebih lanjut.

Golongan Darah A
Selama sahur disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti gandum, dilengkapi dengan protein nabati seperti tahu atau kacang-kacangan.

Saat berbuka dapat mengkonsumsi kurma atau buah-buahan segar, diikuti dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau quinoa, dan protein nabati seperti kacang-kacangan atau tahu.

Sementara untuk makanan yang dihindari seperti, pisang, kelapa, pepaya, pistachio, bir, daging ayam, ikan, sampai telur. Pola makan ini juga bisa disertai dengan olahraga yoga, untuk menenangkan kondisi psikis.

Golongang Darah B 
Berbeda dengan tipe A, mereka yang mempunyai golongan darah B diimbau untuk banyak menyantap sayuran hijau, produk susu rendah lemak, oat, protein hewani, dedak oat, sampai ikan. 

Saat sahur dianjurkan memilih menu telur rebus, buah-buahan segar, dan roti gandum.

Disarankan untuk membatasi dan mengurangi beberapa jenis makanan berupa jagung, kacang tanah, biji wijen, gandum ayam, sampai ikan.

Untuk berbuka disarankan minum air putih atau air lemon, kemudian konsumsi sup atau salad dengan daging atau ikan, disertai dengan roti gandum.

Golongan Darah O
Menurut D'Adamo, pola makan yang cocok untuk untuk golongan darah tipe O adalah makanan tinggi protein. 

Makan sahur dengan protein hewani seperti telur, daging tanpa lemak, atau ikan, dikombinasikan dengan karbohidrat kompleks seperti ubi manis atau kentang.

Dikutip dari Times of India, pemilik golongan darah ini sebaiknya menghindari makanan seperti bayam, kubis, jagung, kembang kol, terong, jamur, jeruk, kiwi, kacang hijau, selai kacang, dan tepung terigu.

Pemilik golongan darah O dapat berbuka dengan kurma atau jus buah segar, diikuti dengan makanan yang mengandung protein hewani seperti daging atau ayam, serta sayuran hijau dan karbohidrat rendah glikemik seperti kentang manis.

Golongan Darah AB
D'Adamo menilai lebih baik pemilik golongan darah tipe ini mengonsumsi makanan berbuka yang mencakup yogurt rendah lemak, buah-buahan, oat, makanan laut dan beberapa biji-bijian utuh.

Sementara saat berbuk amulailah dengan kurma atau buah-buahan segar, diikuti dengan makanan yang mengandung protein nabati dan beberapa biji-bijian utuh seperti quinoa atau beras coklat.

Namun, D'Adamo menganjurkan pemilik golongan darah AB sebaiknya tidak mengonsumsi berlebihan kafein, alkohol, teh hitam, sampai soba.

Itulah anjuran makanan diet seimbang yang dianjurkan dan yang harus dihindari bagi masing-masing pemilik golongan darah.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS