Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Mengkonsumsi kurma selama puasa adalah pilihan yang baik karena kurma kaya akan serat yang baik bagi tubuh.

Cara mengkonsumsi kurma selama bulan puasa dapat dilakukan saat berbuka puasa karena kandungan gula alaminya dapat membantu mengembalikan kadar gula darah secara cepat setelah berpuasa.

Selain itu konsumsi kurma di pagi hari saat sahur dapat memberikan energi yang tahan lama selama berpuasa.

Bahkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW dikenal suka memulai berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma segar diikuti dengan segelas air putih sebelum melanjutkan makan malam yang lebih berat.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW berkata: “Jika salah satu dari kalian ingin berbuka puasa, maka lakukanlah dengan kurma, karena kurma adalah makanan yang penuh berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Untuk itu memilih kurma yang bagus dan layak untuk dikonsumsi bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

 

1. Pilih kurma yang masih segar dan tidak terlalu lembek. Kurma yang baik memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan tidak terlalu keras.

2. Pilih kurma yang memiliki warna cerah dan konsisten. Hindari kurma yang terlalu kering atau memiliki bercak coklat.

3. Perhatikan kadar gula dalam kurma. Kurma yang lebih manis cenderung memiliki kandungan gula yang lebih tinggi, tetapi pastikan untuk tidak memilih yang terlalu manis.

4. Pilih kurma yang ukurannya seragam dan tidak terlalu kecil atau terlalu besar.

5. Jika membeli kurma dalam kemasan, pastikan kemasannya masih segel dan tidak rusak.

6. Ada banyak jenis kurma yang berbeda-beda. Cobalah beberapa jenis untuk menemukan yang paling disukai dari segi rasa dan tekstur.

7. Periksa label jika membeli kurma yang sudah dikemas atau diolah. Pastikan tidak ada bahan tambahan yang tidak diinginkan, seperti gula tambahan atau pengawet.

 

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat memilih kurma yang berkualitas dan enak untuk dikonsumsi.

 

 

Temukan konten blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS