Menilik Bentuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka FKIP Unugiri Bojonegoro Tahun 2024

Reporter: Muhammad Nur Rofiq 

blokTuban.com -  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro gelar sosialisasi dan pembekalan BKP MBKM FKIP tahun 2024 pada (Selasa, 19/03/2024) pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut menghadirkan Rektor Unugiri M. Jauharul Maarif, M.Pd.I., Direktur Akademik dan Kerjasama Unugiri Ainu Zuhriyah, S.Kep., Ns., M.Pd., Dekan FKIP Astrid Chandra Sari, M.Pd., Kaprodi, Dosen, dan Mahasiswa Program Studi (Prodi) di lingkungan FKIP Unugiri.

Rektor Unugiri M. Jauharul Maarif, M.Pd.I. menyampaikan, bentuk MBKM FKIP Unugiri tahun 2024 sangat penting diikuti oleh mahasiswa untuk menambah wawasan keilmuan. Selain itu mahasiswa harus senantiasa menjaga nama baik Unugiri Bojonegoro saat berkegiatan bersama masyarakat.

BKP MBKM FKIP tahun ini adalah kegiatan baru yang sangat penting untuk civitas akademika FKIP, khususnya bagi mahasiswa. Saya juga berharap mahasiswa berkomitmen menjaga nama baik almamater ketika berada di tengah masyarakat.

Sementara itu, Direktur Akademik dan Kerjasama Unugiri Ainu Zuhriyah, S.Kep., Ns., M.Pd., mengajak civitas akademika FKIP Unugiri untuk menyukseskan program BKP FKIP tahun 2024.

“untuk para mahasiswa, DPL, Kaprodi, Bu Dekan dan semua Bapak dan Ibu pimpinan, mari kita semua merubah mindset kegiatan menuju MBKM sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi RI," jelasnya.

Terakhir, Dekan FKIP Unugiri Astrid Chandra Sari, M.Pd., menjelaskan ada dua bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) FKIP 2024 yaitu berupa magang kerja dan riset, yang telah disesuiakan dengan kebutuhan program studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unugiri Bojonegoro.

Tahun ini 4 program studi di lingkungan FKIP melaksanakan 2 kegiatan pembelajaran MBKM yakni magang kerja dan riset. Kegiatan magang kerja diikuti mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan Bimbingan Konseling, sedangkan riset/penelitian untuk mahasiswa B.Inggris Prodi dan Matematika.

Astrid juga menegaskan, dua kegiatan yang telah ditentukan, baik magang kerja dan riset dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa.

“saya harap kegiatan (riset) dapat meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa sebagai peneliti, yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengembangkan kualitas output penelitian. Termasuk kegiatan (magang kerja) juga dapat memberikan best practice kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia kerja," harapnya. (*)

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS