Resep Wedang Ronde Jahe, Cara Enak Menghangatkan Tubuh

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mengkonsumsu wedang ronde dengan campuran jahe dan gula merah dapat membantu menghangatkan tubuh, terutama saat cuaca dingin atau ketika merasa kedinginan.
 
Dengan campuran jahe dikenal memiliki sifat yang bersifat panas dan dapat merangsang sirkulasi darah. Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol dan zingeron, memiliki efek pemanasan yang membantu meningkatkan suhu tubuh. 

Jahe juga dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan gejala pilek atau flu. Berikut ini resep wedang ronde jahe selengkapnya.

Bahan-bahan
Bola-bola ronde:
300 gr tepung ketan
1,5 sdm tepung kanji (tapioka)
300-500 ml air hangat/ cenderung panas 
Secukupnya pewarna makanan (merah, pasta pandan, pasta coklat)
1 liter air utk merebus bolabola r
onde
Filling/ isian kacang:
100 gr kacang tanah sangrai, cincang/ blender
50 gr gula pasir/palem
1-2 sdm air matang utk merekatkan adonan

Kuah jahe:
1 liter air
250 gr jahe, cuci bersih, kulit tidak usah dikupas, geprek
200 gr gula merah (boleh mix gula pasir)
2 batang serai, ambil bagian putihnya, geprek
5 lembar daun pandan, cuci, ikat simpul

Cara Membuat
1. Buat wedang jahe/ kuahnya dulu. Rebus semua bahan sampai mendidih. Cicipi rasa, manis dan pedasnya disesuaikan selera. Kalau mau lebih manis n pedas, tambahkan gula merah n jahe. Kalau mau kurangi manisnya, tambah air atau kurangi gulanya.
2. Untuk isian: blender kacang tanah sangrai dan gula pasir. Tambahkan sedikit air agar adonan bisa bergumpal. Kalau ingin praktis, bisa pakai selai kacang saja.
3. Bulatkan adonan kacang kecil-kecil (5-6 gram). Sisihkan, atau simpan di kulkas.
4. Bola ronde: campur tepung ketan dan tepung tapioka. Tuang air sedikit demi sedikit, sambil diuleni sampai elastis dan bisa dipulung. Stop penambahan air saat adonan sudah bisa dipulung.
5. Bagi 4 adonan. 1 bagian dibiarkan polos. Sisanya diberi sedikit pewarna/pasta. Ambil adonan sekitar 15 gram, bulatkan dan pipihkan. Beri isian kacang, rapatkan dan bulatkan lagi.
6. Letakan bola-bola ronde di loyang yang sudah ditaburi tepung sagu, biar tidak menempel satu dengan yang lain). Lakukan sampai semua adonan habis. 
7. Didihkan 1 liter air di panci. Masukkan bola-bola ronde, rebus dengan api kecil. Jgn lupa sesekali diaduk.
8. Tunggu hingga bola-bola ronde mengapung, artinya onde sudah matang. Tiriskan. Siapkan mangkuk berisi air matang (suhu ruang). Taruh bola-bola ronde ke mangkuk yg berisi air matang tadi.
9. Setelah itu tiriskan bola-bola ronde dan taruh di mangkuk kecil, sajikan bersama kuah jahe gula merah.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS