KPU Tuban Klaim Tak Ada Kendala Pelaksanaan Pemilu 2024
Reporter : Savira Wahda Sofyana 
 
blokTuban.com - Pasca Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 digelar serentak di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Tuban. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban mengklaim tak ada kendala dalam proses tersebut. 
 
Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan mengatakan secara menyeluruh pemungutan suara yang dilakukan kemarin, berjalan dengan lancar meski ada sedikit kendala. 
 
"Kendala-kendala sedikit pasti ada, tapi semuanya sudah ada solusinya dan kita tindak lanjuti," katanya kepada blokTuban.com saat ditemui di ruangannya, Kamis (15/2/2024). 
 
Menurutnya, kendala yang dialami pada Pemilu 2024 ini ada dalam SDM. Hal ini diakuinya karena pemahaman petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ada yang sedikit berbeda. 
 
Namun, setelah dilakukan konsultasi kepada jajaran KPU, PPK, maupun PPS setempat, sehingga anggota KPPS dapat memahami aturan secara benar. 
 
"Ada beberapa kendala yang pemahaman teman-teman KPPS itu ada yang berbeda," jelasnya. 
 
Selain itu, secara teknis kendala yang dialami pada saat gelaran Pemilu 2024 kemarin, juga ada pada logistik KPU. Dimana, terdapat beberapa logistik yang kurang di sebagian Tempat Pemungutan Suara (TPS). 
 
"Tapi sambil berjalannya waktu kita cukupi bersama, sampai proses pemungutan suara berjalan dengan baik," bebernya. 
 
Meski terdapat beberapa kendala yang dialami pada saat Pemilu 2024, Fatkul sapaan akrabnya mengatakan jika proses pesta demokrasi dia Kabupaten Tuban berjalan dengan lancar dan damai. [Sav/Dwi]