Unik! Petugas KPPS di Tuban Ini Gunakan Seragam SD Saat Pemilu

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Ada-ada saja yang dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Tuban. 

Untuk menarik minat masyarakat ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, para petugas KPPS menggunakan seragam layaknya anak Sekolah Dasar (SD). 

Penampakan petugas KPPS dengan seragam SD ini, ditemui di Tempat Pemilihan Suara (TPS) 09, Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. 

Ketua KPPS setempat, Adi Sudigdo mengatakan jika ini merupakan kali pertama yang dilakukan di desanya. Menurutnya, ide untuk mengenakan kostum yang digunakannya tersebut bertujuan untuk mengedukasi para pelajar, terhadap Pemilu. 

baca juga:

Unik dan Sediakan Undian Berhadiah! TPS di Kabupaten Tuban Adu Kreatif Tarik Perhatian Pemilih

"Disini belum pernah ada yang seperti ini, jadi ini pertama kalinya. Sehingga kita berpikir untuk bagaimana jika menggunakan seragam sekolah, untuk memberikan edukasi tentang Pemilu," katanya, Rabu (14/2/2024). 

Selain memberikan edukasi, kostum ini juga dikenakan untuk memantik minat masyarakat, agar semangat datang ke TPS. 

Sedangkan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat, Irchamna mengapresiasi ide kreatif dari anggota KPPS di Desa Jarorejo. 

baca juga:

Tekan Angka Golput, Anggota KPPS di Tuban Kenakan Kostum Spiderman

"Selain menjadikan masyarakat semangat untuk datang ke TPS, ini juga menjadikan semangat untuk para anggota KPPS itu sendiri," ujarnya. 

Di sisi lain, pria ini juga menambahkan jika ada tiga kecamatan di Kecamatan Kerek, yang menggunakan kostum dengan tema-tema tertentu. Seperti halnya TPS 12 Desa Jarorejo menggunakan pakaian busana adat Jawa, TPS 9 Desa Jarorejo mengenakan seragam SD, dan  Desa Karanglo yang memakai seragam Putih Abu-abu. 

Sementara itu, salah satu pemilih, Aulia mengaku jika kostum yang digunakan oleh  petugas KPPS tersebut, sangat lucu dan juga unik. 

"Kostum yang digunakan oleh petugasnya sangat lucu dan unik, mungkin petugas yang menggunakan kostum seperti ini satu-satunya di Kabupaten Tuban," pungkas perempuan berusia 20 tahun ini. [Sav/Dwi] 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS