Ini Alasan KPPS di Tuban yang Viral Minta Sumbangan Konsumsi

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Kingking, Kecamatan/ Kabupaten Tuban memberikan klarifikasi terkait dugaan permintaan sumbangan konsumsi.

Kepada blokTuban.com A. Dakhlan Isma'il mengatakan jika sumbangan tersebut bukan ditujukan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 Kelurahan Kingking, melainkan untuk memuliakan masyarakat yang memilih.

“Itu untuk memuliakan tamu (pemilih) yang usai memilih di TPS 04,” ujar Dakhlan, Selasa (13/2/2024).

Dengan adanya hal tersebut diharapkan masyarakat bisa datang dengan semangat dan antusias untuk mensukseskan Pemilu 2024 ini, dan mengurangi masyarakat yang melakukan golput.

“Dengan adanya hal tersebut, masyarakat bisa datang dengan semangat dan antusias,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RT 03 RW 02, Kelurahan Kingking, Abdul Rozaq mengatakan jika hal ini, adalah tradisi TPS 04 dalam mensukseskan pemilu.

“Ini seperti Pemilu tahun sebelum-sebelumnya, bukan untuk TPS atau KPPS, melainkan untuk masyarakat yang memilih,” ujar Rozak.

Di lokasi yang sama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tuban, Ihsan Hadi mengatakan jika Ia menyadari dalam diksi surat tersebut memang menimbulkan tafsir bahwa seakan-akan sumbangan tersebut buat TPS 04.

“Memang saat saya lihat seakan-akan buat TPS, padahal tujuannya tidak untuk TPS, melainkan masyarakat  yang usai memilih,” ujarnya.

Kemudian ia juga menegaskan jika surat tersebut saat ini dibatalkan dan ditarik kembali.[Nur/Dwi]

 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS