Tekan Angka Golput, Anggota KPPS di Tuban Kenakan Kostum Spiderman

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Cara unik ditunjukkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban untuk menekan angka golput dengan menggunakan kostum spiderman, Rabu (14/2/2024). 

Anggota KPPS yang menggunakan kostum spiderman tersebut adalah Rifanda Rizky (21). Kepada blokTuban.com ia mengatakan jika dirinya baru pertama kali menjadi anggota KPPS.

“Ini kali pertama saya menjadi anggota KPPS,” ujar Rifanda Rizky.

Lebih lanjut Rifanda Rizky mengatakan jika penggunaan kostus spidermen adalah kesepakatan dari semua anggota KPPS. Selain itu penggunaan kostum ini guna menarik pertahatian para pemilih datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. 

“Ini tentunya untuk menarik perhatian para pemilih,” imbuhnya. 

Kemudian untuk kostum, Rifanda mengatakan jika ia biasanya menggunakan kostum ini untuk berjualan air di beberpa event-event tertentu. Tujuanny atidka lain guna menarik perhatian pembeli. 

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 01 Wiwin Shofiani (31) mengatakan jika awalnya direncanakan semua anggota KPPS akan menggunakan kostum Spiderman. Namun karena dirasa ribet, maka hanya Rifanda yang bertugas sebagai penjaga tinta yang menggunakan kostum spiderman. 

“Rencana semua memakai kostum spiderman, namun karean dirasa juga ribet, maka cuma satu orang saja yang menggunakan,” ujar Wiwin Shofiani. 

Selain itu, Wiwin menjelaskan jika dengan adanya figure spiderman, nantinya para pemilih bisa melakukan selfie gratis. Serta dengan keunikan ini diharapakan tidak ada lagi para pemilih yang melakuakn golput/ tidak memilih. 

“Dengan keunikan ini nanti diharapkan masyarakat datang ke TPS dan tidak melakaukan golput,” imbuhnya. 

Sementara itu  Kades Sugihwaras  Munir Maliki menyambut baik adanya inovasi seperti ini, dan di harapakan dengan adanya hal ini angka golput bisa lebih ditekan.

“Semoga bisa meminimalisir golput, dan pemilih di TPS 01 bisa mencapai 95-100 persen,” ujar Munir. 

Lebih lanjut Munir mengatakan jika di Desa Sugihwaras dalam Pemilu tahun ini, terdapat 11 TPS, dan 4.450 Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

“Ada 11 TPS, dan 4.450 DPT,” pungkasnya. [Nur/Dwi] 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS