Tak Perlu Cemas, Simak Panduan Merawat Anak Demam Tanpa Obat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat anak mengalami demam, penting bagi orang tua untuk tetap tenang dan bersikap bijak dalam merawat mereka. Tidak jarang kondisi ini membuat orangtua panik, sehingga ingin segera memberi obat atau membawa ke dokter.  

Melansir dari situs IDAI dan Ayo Sehat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ada beberapa cara mengatasi anak demam di rumah tanpa obat atau secara alami. 

Namun, perlu diingat jika orang tua mendapati demam anak tidak lekas turun dan merasa cemas atau bingung, jangan ragu untuk mencari bantuan dari tenaga medis atau ahli kesehatan lainnya.

Cara mengatasi anak demam tanpa obat  

Berikut cara mengatasi anak demam tanpa obat yang bisa dilakukan di rumah, seperti dilansir dari situs IDAI dan Ayo Sehat Kemenkes.  

1. Kompres air hangat  
Dikutip dari situs IDAI, kompres menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan demam pada anak, dengan cara mengeluarkan panas lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan.  

Kompres menggunakan air hangat di lipat an ketiak dan lipatan selangkangan selama 10-15 menit. Sebaliknya, tidak disarankan kompres menggunakan air dingin karena dapat mengakibatkan badan menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh.  

2. Perbanyak cairan  
Jika anak demam, orangtua wajib memastikan anak terpenuhi kebutuhan cairannya, agar tidak dehidrasi.  Namun, meminta anak untuk minum air putih saat demam bukanlah hal mudah. Oleh sebab itu, orangtua bisa mencari alternatif cairan seperti kaldu ayam hangat atau jus buah encer, dilansir dari situs Ayo Sehat Kemenkes. 

3. Baju yang nyaman 
Pastikan anak memakai baju yang nyaman saat demam. Pastikan pakaian anak tidak terlalu tebal.  Melansir dari IDAI, penggunaan baju yang tebal pada anak atau membedong bayi saat demam, justru dapat meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, hindari memberikan selimut yang berlapis saat anak demam.  

4. Mandi air hangat  
Cara mengatasi anak demam tanpa obat lainnya adalah dengan mengajak si kecil mandi air hangat suam-suam kuku. Sebaliknya, hindari memandikan anak dengan air dingin, karena bisa membuatnya menggigil sehingga berakibat meningkatnya suhu tubuh.  

Jika anak tidak mau mandi air hangat, maka orangtua bisa menyeka badannya menggunakan handuk hangat. Cukup basahi kain atau handuk menggunakan air hangat, kemudian seka secara perlahan ke tubuh anak.  

5. Perbanyak istirahat  
Saat anak demam, pastikan dia istirahat dengan cukup agar suhu badannya lekas reda. Saat tubuh istirahat, sistem kekebalan tubuh bisa bekerja lebih optimal sehingga mampu melawan infeksi yang menyebabkan demam. 

Beberapa situasi harus membawa anak ke dokter saat demam

Jika berbagai cara mengobati anak demam di atas tidak membuahkan hasil yang positif, maka orangtua harus segera membawa si kecil ke dokter.  

Dokter akan dapat mengevaluasi kondisi anak dan memberikan perawatan yang sesuai. 

Standford Childern’s Health, dilansir dari Ayo Sehat Kemenkes menyarankan untuk segera membawa anak demam ke dokter apabila terjadi kondisi sebagai berikut:

1) Jika anak usia di bawah tiga bulan mengalami demam 
2) Jika anak usia 3-5 bulan demam dengan suhu 38,3 derajat celcius 
3) Jika anak usia di atas 6 bulan demam dengan suhu 38,8 derajat celcius
4) Jika anak semua usia demam dengan suhu di atas 40 derajat celcius
5) Jika anak demam lebih dari tiga hari 
5) Jika anak demam disertai gejala lain, seperti kaku leher, nyeri tenggorokan, sesak, nyeri telinga, ruam kulit, kejang, atau nyeri kepala.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS