Cerita Kapolres Tuban Bisa Bergelar Kanjeng Raden Aryo Tumenggung

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Kapolres Tuban AKBP Suryono mendapat gelar Kanjeng Raden Aryo Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat. 

Selain mendapatkan gelar Kanjeng Raden Aryo Tumenggung, Suryono juga mendapatkan imbuhan nama Reksonagoro, dibelakang nama aslinya. 

Kepada wartawan Suryono menceritakan jika pemberian gelar dan imbuhan nama ini lantaran saat ia masih menjabat sebagai Kapolres Madiun Kota. 

Ketua paguyuban susuhunan Keraton Surakarta yang berada di Madiun, mengajukan beberapa nama tokoh di Madiun, seperti Kapolres Madiun kota yang saat itu dijabat oleh Suryono dan Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Ponorogo, agar mendapatkan gelar dari keraton Surakarta. 

“Gelar ini di ajukan oleh ketua paguyuban susuhunan keraton Surakarta yang berada di Madiun, dan saat itu ada beberpa tokoh di Madiun yang diusulkan,” ujar Suryono kepada blokTuban, Minggu (24/12/2023). 

Kemudian usai di ajukan dengan beberapa pertimbangan akhirnya Suryono dirasa layak oleh Keraton Surakarta untuk mendapatkan gelar dari keraton.

Tepatnya pada tanggal 23 Desember 2023 kemarin, dirinya bersama beberapa tokoh di Madiun, dipanggil oleh Kangjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII untuk datang di Keraton Surakarta Hadiningrat guna menerima Nawala Kekancingan sebagai tanda anugerah gelar. 

Disinggung apakah ada ritual khusus sebelum dan sesudah menerima gelar ini Suryono mengatakan, jika tak ada ritual khusus dalam penganugrahan gelar ini. Namun ia menyadari, dengan gelar baru ini, ia harus bisa  menjaga nama baik dan marwah Keraton Surakarta. 

“Beban setelah mendapatkan gelar tak ada, ya mungkin bagaimana saya bisa tetap menjaga nama baik dan marwah keraton,” imbuhnya. 

Selain itu, Kapolres kelahiran Kabupaten Bojonegoro ini juga menjelaskan, arti dari tambahan nama Reksonagoro dibelakang namanya terdiri dari 2 kosa kata yakni Rekso yang berarti menjaga atau memelihara, dan nagoro adalah Negara. 

“Maknanya untuk menjaga/memelihara keamanan dan ketertiban Negara Indonesia,” pungkasnya. [Nur/Ali]