Perayaan Natal di Tuban, Kapolres Minta Seluruh Warga Jaga Toleransi

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Tuban damai, mungkin kalimat itu yang bisa menggambarkan situasi perayaan Natal Tahun 2023 di Kabupaten Tuban. 

Sebab, dalam kegiatan pengecekan sejumlah gereja yang dilakukan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tuban tak ada temuan atau tindakan yang mengganggu lancarnya ibadah umat nasrani dalam merayakan natal. 

Kapolres Tuban AKBP Suryo saat melakukan pengecekan keamanan di Gereja Katolik Santo Petrus yang terletak di Jalan Panglima Sudirman kelurahan Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Tuban mengatakan jika dalam kegiatan pengecekan gereja saat malam misa natal, wilayah Kabupaten Tuban terpantau lancar dan tidak ada kendala sama sekali. 

“Alhamdulillah natal di Tuban aman, lancar, tertib,” ujar Kapolres Tuban AKBP Suryo kepada awak media, Minggu (24/12). 

Lebih lanjut Kapolres kelahiran Kabupaten Bojonegoro ini  berpesan, jika dalam perayaan natal tahun ini, agar seluruh masyarakat Kabupaten Tuban, untuk tetap menjaga ketertiban dan toleransi antar umat beragama.

“Untuk Natal tahun ini, ayo bahu-membahu ciptakan ketertiban. Jaga toleransi seluruh umat beragama di Tuban, saling mengisi kemudian saling menjaga, agar setiap umat beragama di Tuban tetap bisa menjalankan kegiatannya sebagai mana mestinya,” imbuhnya. 

Kemudian, selain adanya momentum Natal, masyarakat Tuban tak terkecuali, juga akan menyambut tahun baru 2024, dan dari pantauan pihak kepolisian saat ini arus lalu lintas menjelang tahun baru 2024 di Kabupaten Tuban sudah mulai padat lancar. 

Untuk itu, Suryono mengingatkan agar masyarakat Tuban saat merayakan Tahun Baru 2024, tetap menjaga ketertiban dan jangan menggunakan petasan. 

“Perayaan tahun baru tertib, jangan gunakan petasan,” pungkasnya. [Nur/Ali]