BMKG Tuban Ingatkan Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Libur Nataru

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menjelang datangnya musim libur Natal dan tahun baru 2024 (Nataru), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat terkait potensi terjadinya cuaca ekstrem. 

Adapun cuaca ekstrem tersebut, merupakan dinamikan atmosfer yang terjadi akibat posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua dan juga dua samudera. 

Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan jika selama periodee Nataru 2024, terdapat potensi cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Tuban, oleh karena itu masyarakat diminta untuk mewaspadainya. 

bac ajuga:

"Untuk potensi cuaca ekstrem pada saat natal dan tahun baru masih tetap ada," ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (22/12/2023). 

Cuaca ekstrem tersebut, lanjut Zem sapaan akrabnya, yaitu menimbulkan bencana hidrometeorologi. Diantaranya seperti hujan lebat disertai petir, angin kencang, puting beliung, banjir, longsor, banjir bandang hingga gelombang tinggi. 

Dengan demikian, pria ramah ini menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya potensi cuaca ekstrem selama periode Natal dan tahun baru 2024 mendatang, dengan cara terus mengakses informasi selama 24 jam melalui laman BMKG. 

"Masyarakat dapat mengakses info BMKG terdekat dan bisa akses sosial media BMKG terdekat," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS