Jenis Motif Batik Gedhog Tuban yang Viral Dikenakan Aktris Korea dan Maknanya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Beberapa waktu lalu, salah seorang personel NCT, Taeyong membuat gempar masyarakat di Indonesia termasuk warga Kabupaten Tuban. Bagaimana tidak, melalui akun Instagramnya, ia mengunggah sebuah potret dirinya sedang mengenakan baju batik gedhog asal Kabupaten Tuban. 

Hal tersebut, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Kabupaten Tuban, lantaran produknya bisa dikenakan oleh artis internasional. 

Kendati demikian, banyak masyarakat yang bertanya-tanya dan penasaran jenis motif batik apa yang digunakan oleh artis tampan tersebut. Pasalnya, batik gedhog khas Tuban itu tidak hanya dikenakan oleh Taeyong saja, melainkan aktor ibukota, Jefri Nichol  juga turut mengenakannya.

baca juga:

6 Motif Batik Tulis Gedog Tuban, Makna dan Kegunaannya 

Juru bicara Pemkab Tuban sekaligus Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo Sp), Arif Handoyo mengatakan jika motif batik berwarna hitam yang digunakan oleh kedua artis tersebut merupakan motif krompol tutul 9. 

"Kalau untuk jenis motif dari batik tersebut yaitu motif krompol tutul 9," ucapnya kepada blokTuban.com, Selasa (19/12/2023). 

Adapun jenis motif batik itu, lanjut pria yang akrab disapa Arif tersebut, memiliki arti atau filosofi tersendiri, yaitu terkumpul disatu titik, antara rezeki dan sesuatu yang baik berkumpul menjadi satu. 

Meski begitu, saat ditanya berapa harga yang ditawarkan untuk kain jenis tersebut, pria ramah ini tidak menyebut secara pasti. Hanya saja, ia mengatakan jika harga yang ditawarkan untuk batik tersebut relatif. 

baca juga:

Batik Gedog Tuban Belum Miliki Sertifikat Indikasi Geografis

"Kalau harga relatif mbak, bisa dilihat dari jenis kainnya atauoun pewarnaannya," bebernya. 

Dengan demikian, maka diharapkan batik gedhog khas Kabupaten Tuban tersebut dapat lebih melambung dan lebih dikenal oleh banyak masyarakat, baik dikancah nasional maupun internasional. [Sav/Dwi] 

  

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS