Sidang Paripurna Sempat Ditunda hingga Tengah Malam, RAPBD Tuban 2024 Akhirnya Disahkan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, yang sempat berjalan alot pada Kamis (30/11/2023) malam kemarin, akhirnya menemukan titik temu.

Pasalnya, diketahui jika agenda sidang paripurna dengan agenda persetujuan bersama tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2024, yang seharusnya dimulai 21.00 Wib harus molor selama berjam-jam, lantaran belum kuorum. 

Sebab, anggota dewan legislatif yang datang dalam pertemuan tersebut, baru 30 orang. Padahal, menurut aturan yang berlaku, sidang paripurna dapat dinyatakan kuorum atau memenuhi syarat sah, apabila dihadiri oleh 34 anggota dewan dari 50 anggota. 

Kepada blokTuban.com, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H. Miyadi membenarkan jika sidang paripurna kemarin mengalami kemoloran, dari undangan yang semula pukul 21.00 Wib, namun paripurna baru dimulai pukul 23.30 Wib. Namun, karena belum kuorum maka terdapat penundaan sidang selama 1 jam.

"Undangan paripurna pada 21.00 Wib dan paripurna baru dimulai pada pukul 23.30 Wib, Paripurna dibuka dan akhirnya selama 1 jam karena belum kuorum," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (1/12/2023). 

Dalam masa penundaan tersebut, lanjutnya, terdapat rapat koordinasi yang dilakukan antara pimpinan DPRD Tuban bersama dengan ketua-ketua fraksi. Setelah ditunda selama satu jam, barulah sidang paripurna kembali dimulai sekitar pukul 01.00 dini hari. 

Di mana, dalam rapat kali ini, terdapat beberapa agenda yang dibahas, diantaranya ialah laporan dari badan anggaran (banggar), Pandangan Akhir Fraksi-fraksi, serta persetujuan bersama RAPBD Tahun 2024.

Hasilnya, RAPBD Tuban Tahun Anggaran 2024 tersebut, telah disepakati dan disetujui secara bersama. 

"Setelah paripurna di tunda selama satu jam, akhirnya dimulai kembali pukul 01.00 Wib dan paripurna disepakati untuk dilanjutkan sampai dengan pukul 02.00 Wib. Untuk hasilnya, RAPBD Tahun 2024 telah disetujui bersama," paparnya. [Sav/Ali]