Prabowo Yakinkan Para Kiai Jatim akan Lanjutkan Program Presiden Jokowi

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Usai melakukan pertemuan sekitar 2 jam, inilah hasil pertemuan Prabowo Subianto dengan para kiai di Pondok Darul Ghuroba’ Langitan, Minggu (26/11/2023). 

Diketahui usai memuambangi Koramil 0811/08 Widang Tuban, Prabowo Subianto langsung bergegas menuju Pondok Darul Ghuroba’ Langitan. Ia sampai di pondok sekitar pukul 12.57 WIB.

Sesampainya di Pondok Darul Ghuroba’ Langitan, Prabowo tampak disambut hangat oleh para kiai, seperti KH. Ubaidillah Faqih, KH. Anwar Manshur pengasuh pondok Lirboyo Kediri, K.H. Abd. Matin Djawahir pengasuh pondok Pesantren Sunan Bejagung. 

Namun, usai melakukan pertemuan hampir 2 jam, Prabowo tampak tak mau berkomentar terkait hasil pertemuannya dengan para kiai di Tuban. Pria yang saat ini menjabat sebagai  Menteri Pertahanan (Menhan) ini, langsung memasuki mobil dan bergegas meninggalkan lokasi pondok pesantren yang terletak di ujung Kabupaten Tuban. 

KH. Moh. Hasan Mutawakkil 'Alallah selaku juru bicara dalam forum ini mengatakan, jika dalam pertemuan ini Prabowo memiliki Misi yang nyambung dengan apa yang menjadi misi perjuangan para ulama. 

"Misi tersebut intinya untuk kemaslahatan umat kemaslahatan bangsa dan negara," ujar KH. Moh. Hasan Mutawakkil 'Alallah. 

Selain itu Prabowo juga memiliki tujuan untuk melanjutkan apa yang sudah menjadi program besar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, seperti Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Dengan begitu nantinya diharapkan dapat menambah devisa negara menjadikan negara kaya raya, rakyatnya bahagia, makmur sejahtera itu adalah tujuan pendiri bangsa ini," imbuhnya. 

Hal tersebutlah yang dirasa pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo ini, sangat relevan dengan para ulama.

Disinggung apakah pertemuan dengan Prabowo membicarakan Pilpres 2024, ia hanya menjawab bahwa pertemuan ini hanya mendoakan Prabowo Subianto saja. Karena beliau meminta doa. 

"Ketika beliau punya hajat menjadi calon presiden beliau bersilaturahmi dengan kiai mohon doa barokah kiai, mohon restu kiai, dan mohon kawalan para kiai misal ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang menjadi misi para kiai dalam berdakwah dalam memberikan maslahat dan manfaat kepada umat," bebernya. 

Selain itu, ia juga membocorkan sedikit Program Prabowo yang selaras dengan keinginan para kiai, seperti memberantas kemiskinan, memberantas korupsi, menegakkan hukum dan keadilan, menjaga kesatuan, dan menjaga NKRI. [Nur/Ali]