Peserta Tes PPPK Tak Ikut Ujian Tanpa Alasan, BKPSDM Tuban Belum Tahu Alasannya

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kepala BKPSDM Kabupaten Tuban, Fien Roekmini Koesnawangsih geram lantaran masih adanya peserta tes Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemkab Tuban tahun 2023 tak disiplin mengikuti ujian. 

Mereka yang absen hingga sekarang belum memberikan alasan kepada BKPSDM. Diketahui, Pelaksanaan ujian yang dimulai 22-24 November 2023 itu diikuti 1.641 peserta. Para peserta dari formasi guru, tenaga kesehatan, dan teknis dibagi dalam 5 sesi ujian.

“Sampai saat ini kami belum menerima laporan penyebab ketidakhadiran peserta,” kata Fien Roekmini dalam keterangannya, Sabtu (25/11/2023). 

Lebih lanjut, BKPSDM Tuban masih belum bisa memastikan peserta yang tidak mengikuti tes dari formasi khusus atau umum. Konsekuensi yang harus diterima peserta yang tidak mengikuti ujian akan langsung dinyatakan tidak lolos dan tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya.“

Berita acara pelaksanaan Seleksi Kompetensi akan ditandatangani pihak Kantor Regional 2 BKN Surabaya dan BKPSDM Tuban,” sambungnya.

Adapun peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi mencapai 1.787 peserta. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.641 peserta mengikuti Seleksi Kompetensi di Kampus Universitas Bojonegoro. Sedangkan sisanya tersebar di beberapa lokasi lain sesuai pemilihan peserta.

Fien Roekmini Tuban mengingatkan agar tidak mempercayai orang yang mengaku bisa meloloskan peserta pada Seleksi Kompetensi. Seleksi Kompetensi dilaksanakan mengacu pada Computer Assisted Test (CAT). 

Hasil ujian akan dapat langsung diketahui peserta setelah selesai mengikuti ujian. Ini menandakan pelaksanaan seleksi kompetensi dilakukan secara terbuka. [Ali/Dwi]