Pelajar dan Guru MIM 3 Panyuran Tuban Galang Dana Palestina

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Halaman MI Muhammadiyah 3 Panyuran, Palang, Tuban nampak berbeda dari biasanya. Pada Jumat (11/10/2023) pagi digelar bazar sembako yang diikuti pelajar dan guru setempat. 

Tujuan ratusan pelajar dan guru tersebut dalam rangka penggalangan dana membantu warga Palestina. Salah satu siswa, Mustajab menambahkan, dirinya rela mendonasikan tabungan yang dikumpulkannya sejak kelas 1 hingga sekarang kelas 4 sebesar Rp 517.000.

"Sebagai wujud solidaritas, saya sumbangkan tabungan ini untuk peduli Palestina," ucap siswa yang saat ini duduk di bangku kelas 4 itu.

Kepala sekolah MI Muhamadiyah 3 Panyuran, Palang, Tuban Chilmi Muchamad, S.Pd mengatakan, sekolahnya pada hari ini menggelar bazar, salat dzuha, qunut nazilah dan penggalangan dana untuk saudara muslim yang di Palestina.

"Bazar ini berupa penjualan paket sembako yang dijual dan dibeli sendiri oleh siswa dan guru serta masyarakat sekitar sekolah," ungkapnya.

Sekolah yang memiliki 302 siswa itu, kata Chilmi dana hasil penjualan sembako berupa gula, minyak goreng, beras dan sejenisnya 100 persen didonasikan untuk saudara muslim di Palestina.

"Rencana awal yang mau dijual jenis snack atau makanan ringan, namun pertimbangannya agar tahan lama, kita sepakati penjualan paket sembako," bebernya.

Diharapkan agar musibah di Palestina segera berakhir dan saudara di sana dapat hidup tenang kembali seperti semula.

"Selain bazar sembako di sekolah, tadi juga ada beberapa siswa yang melakukan penggalangan dana ke pasar desa," imbuhnya.

Ia menyebut, total donasi yang terkumpul mencapai Rp 11.259.500, yang akan disalurkan melalui Lazismu Tuban. [Ali/Dwi]