BMKG Tuban Minta Warga Tuban Waspadai Potensi Petir Saat Musim Pancaroba

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, meminta masyarakat di Kbupaten Tuban mewaspadai adanya potensi peningkatan petir, selama musim pancaroba atau pergantian musim berlangsung. 

Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan pada masa peralihan musim, potensi terjadinya petir di akan cenderung lebih tinggi dibandingkan biasanya. 

"Pada musim pancaroba potensi terjadinya petir," ujarnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Selasa (7/11/2023). 

Hal tersebut, lanjut Zem sapaan akrabnya, terjadi lantaran pada masa pancaroba, potensi pertumbuhan awan-awan konvektif cenderung cukup signifikan, sehingga hal itu mendorong potensi terjadinya petir juga semakin tinggi. 

Selain potensi terjadinya petir yang sangat tinggi, ia juga mengatakan pada saat peralihan musim ini, potensi adanya hujan lebat dengan disertai petir di Kabupaten Tuban juga tinggi. 

"Benar selain di masa peralihan ini potensi petir juga tentu sangat besar terjadi pada musim hujan," katanya. 

Dengan demikian, maka Zem menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban, agar lebih waspada dengan ancaman bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi pada saat pergantian musim ini. 

Oleh karena itu, apabila terjadi hujan lebat disertai dengan petir, maka sebaiknya masyarakat tidak berada di tempat terbuka, seperti persewahan ataupun lapangan, karena mudah tersambar petir. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS