Membanggakan, Pelajar di Tuban Ini Jadi Juara Nasional Tanding Anak Usia Dini

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blok Tuban.com - Meski usianya terbilang masih sangat dini, namun Ahmad Wafie Zahron Al-Mishbah telah berhasil mengharumkan nama Kabupaten Tuban hingga ke kancah nasional, berkat bakat yang dimilikinya.

Bagaimana tidak, anak berusia 11 tahun tersebut, mendapatkan penghargaan karena meraih juara 1 pencak silat nasional,  kategori Tanding Anak Usia Dini Kelas F dalam ajang Majapahit Heros Fighting Competition 01 Sumpah Amukti Palapa Tahun 2023. 

Kepada blokTuban.com, Pelatih Pencak Silat Wafie Sapaan akrabnya , mengatakan jika bakat pencak silat yang dimiliki oleh bocah yang kini duduk di bangku kelas 6 tersebut, mulai terlihat sejak 6 bulan lalu, pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat di sekolahnya. 

"Bakatnya ini, mulai ditekuni sejak sekitar 6 bulan yang lalu, sejak adanya ekstrakurikuler pencak silat di MI Musthofawiyah," ucapnya, Selasa (7/11/2023). 

Sebelum mengikuti perlombaan pencak silat di tingkat nasional tersebut, lanjutnya, anak didiknya itu selalu latihan rutin pada jam ekstrakurikuler pencak silat di sekolah, serta melakukan latihan TC di Ranting Kecamatan Soko. 

Pasalnya, dalam ajang perlombaan tersebut, terdapat beberapa kriteria penilaian yang dinilai oleh dewan juri, diantaranya meliputi teknik serangan dan juga jatuhan. 

"Dalam latihan, Wafie juga selalu rajin dan giat, selama ini  ia juga sangat bersungguh-sungguh saat latihan pencak silat," katanya. 

Meski demikian, pria ini menjelaskan pada saat mengikuti pertandingan pencak silat tersebut, terdapat beberapa kendala yang dialami oleh  Wafie, seperti halnya kurang latihan ataupun rasa grogi yang acap kali timbul dalam dirinya. 

Pasalnya, kejuaraan pencak silat seperti ini, baru pertama kalinya diikuti oleh bocah berambut keriting itu. Meski begitu, berkat semangat yang tinggi ia mampu mengalahkan rasa takut dan geroginya tersebut. 

"Untuk kendalanya yaitu kurangnya persiapan dan wafie juga  baru pertamakali ikut kejuaraan sehingga agak grogi, namun semangatnya mampu mengalahkan rasa takutnya," bebernya. 

Lebih lanjut, Arif juga mengaku selalu mendukung dan memberikan semangat kepada Wafie, atas hobi yang dijalankannya tersebut dan berharap ke depannya anak didiknya itu bisa terus mengukir prestasi dalam bidang pencak silat. 

"Semoga ke depannya bisa ditingkatkan lagi keterampilan dalam pencak silat, agar berprestasi pada perlombaan internasional dan ilmu yang didapat, diharapkan digunakan sebaik mungkin untuk melindungi diri bukan untuk berkelahi," paparnya. 

Sementara itu, Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Musthofawiyah, Imron mengucapkan selamat kepada anak didiknya yang telah mengukir prestasi di kancah nasional dan mengapresiasi pretasi yang telah diraih oleh Wafie. [Sav/Dwi] 

 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS