Cara Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi Bikin Khawatir Ayah Bunda, Jangan Berikan Obat Sembarangan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Hidung tersumbat pada bayi terutama saat terserang flu bisa menyebabkan ayah dan bunda khawatir. Hidung tersumbat ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor.

Satu hal yang harus diperhatikan orang tua yakni tenang jika menghadapi situasi yang demikian. Secara umum, menurut laman halodoc hidung tersumbat bisa terjadi karena ada tumpukan cairan atau ingus di dalam hidung. Selain penumpukan cairan, tersumbatnya saluran pernapasan juga terjadi karena bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan yang berdekatan mengalami pembengkakan saat bayi pilek. 

Terdapat beberapa pertolongan pertama yang dapat diberikan pada bayi yang sedang terserang virus flu:

1. Cukupi Asupan Cairan 

Memenuhi kebutuhan cairan bayi adalah hal yang penting. Pastikan Si Kecil lancar menyusu jika belum cukup umur untuk makan atau minum selain ASI. 

2. Keluarkan Ingus 

Tumpukan ingus menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat pada bayi. Sayangnya, bayi belum bisa untuk membuang ingusnya sendiri. Maka dari itu, ayah dan ibu bisa membantu Si Kecil untuk mengeluarkannya agar pernapasan anak kembali lancar. Ibu bisa membantu mengeluarkan ingus bayi dengan cara mengisap ingus dari hidung secara perlahan menggunakan alat isap cairan hidung.

3. Menjaga Kebersihan Udara

Bisa jadi, hidung tersumbat terjadi karena kebersihan udara di rumah kurang terjaga. Pasalnya, udara yang kotor dan paparan zat pemicu iritasi, seperti asap rokok bisa berbahaya. Hal ini bisa menyebabkan saluran pernapasan bayi meradang dan memperparah gejala hidung tersumbat yang dialami. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan udara di rumah dan menghindari paparan asap rokok pada bayi.

4. Terapi Uap 

Terapi ini dilakukan untuk membantu memudahkan pernapasan bayi. Terapi uap dilakukan dengan menaruh air hangat di dalam baskom. Kemudian, bantu bayi untuk menghirup uap yang dikeluarkan air di baskom. Selain itu, ibu juga bisa menggunakan humidifier untuk melembapkan udara di rumah sehingga bayi bisa mudah bernapas.

Bagi orang tua penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak jika hidung tersumbat pada bayi berlangsung lama atau jika Anda khawatir. Dokter dapat memberikan saran yang sesuai berdasarkan penyebab dan kondisi khusus bayi Anda. 

Jangan pernah memberikan obat semprot hidung atau obat bebas kepada bayi tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena beberapa obat dapat memiliki efek samping atau kontraindikasi pada bayi.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS