Mendahulukan Sholawat Nabi Sebelum Berdoa, Jangan Jadi Orang yang Terburu-buru

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Melafalkan sholawat Nabi sebelum membaca doa dianjurkan bagi umat Muslim.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 56 disebutkan sebagai berikut: 

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya dengan sungguh-sungguh. 

Bahkan, ada sebuah keterangan seperti dikutip NU Online apabila kita berdoa tidak dimulai dengan memuja Allah Taala, tanpa membaca shalawat, kita disebut sebagai orang yang terburu-buru.

 Ø¹Ù† فَصَالَةَ بن عُبَيدْ رضى الله عنهما قَالَ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم رَجُلاً يَدْعُوْ فِىْ صَلاَتِهِ لَمْ يَحْمَدِ اللهَ تَعَالَى وَلَمْ يُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم عَجَّلَ هَذَا،

Artinya: Baginda Nabi mendengar ada seseorang yang sedang berdoa tapi tidak dibuka dengan memuja Allah Taala dan tanpa membaca shalawat, Nabi berkata: Orang ini terburu-buru.

Sholawat juga bisa mendatangkan banyak kebaikan dan membuat seorang Muslim terhindar dari keburukan atau malapetaka. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh generasi salaf dan para imam, yang dikutip oleh Syekh Syauqi Allam. Bahkan ulama berpendapat, sholawat Nabi adalah di antara mukjizat Nabi SAW.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda tentang besarnya keutamaan sholawat, sebagai berikut:

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

"Siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS