[SALAH] Ikan Mati di Laut Tuban Karena Limbah Nuklir

blokTuban.com - Jagat dunia maya dihebohkan dengan banyaknya ikan mayung oleh nelayan di Kabupaten Tuban. Video ikan mayung tersebar pada Rabu (13/9) siang. Banyak netizen yang menghubungkan ikan mayung atau jambal roti ini  mati karena air laut yang tercemar limbah nuklir.

Video ini menyebar diberbagai platform media sosial. Selain itu ada narasi berisi himbauan agar berhati-hati dan tidak makan karena laut di Tuban sudah terkontiminasi limbah nuklir.

"hati-hati makan ikan laut Tuban tercemar limbah nuklir," begitu bunyi narasi salah satu video yang beredar di media sosial tiktok.

Narasi pada video yang menyebutkan ikan di laut Tuban mati karena limbah nuklir adalah SALAH. yang benar ikan berjenis manyung atau jambal roti itu hasil tangkapan nelayan.

Periksa Fakta:

Tim cek fakta blokTuban.com melakukan penelusuran secara langsung. Dikonfirmasi bloktuban.com, Kapolsek Jenu IPTU Rianto mengatakan bahwa kejadian itu terjadi di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

"Itu kejadiannya terjadi di Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu," ujar Rianto. 

Rianto menjelaskan ikan yang ada di video tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan. Dimana seorang nelayan mendapatkan hasil tangkapan yang cukup banyak dan perahunya langsung diarahkan ke pantai.

Pernyataan Riyanto diperkuat Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto. Dia menjelaskan kalau fenomena tersebut merupakan dampak dari El Nino. 

"Jadi ada faktor cuaca atau iklim yg terjadi di perairan (laut) yg mempengaruhi sirkulasi massa air dibawah permukaan laut yg dapat menimbulkan upwelling yg banyak membawa/mengangkat plankton (makanan ikan) ke atas dipermukaan laut sehingga diperairan tersebut akan terdapat banyak ikannya," kata Zem kepada blokTuban.com, Kamis (14/9/2023). 

Sumber:

https://bloktuban.com/2023/09/13/viral-banyak-ikan-manyung-terkapar-di-tepi-laut-tuban-ini-faktanya/ 

https://bloktuban.com/2023/09/14/perkiraan-hasil-tangkap-ikan-nelayan-tuban-melimpah-hingga-oktober/